Kolaka Timur
- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Jadi ke-11 Kabupaten Kolaka Timur. Upacara ini dihelat di Plataran Rujab Bupati Koltim pada Kamis, 11 Januari 2024. Tema peringatan kali ini adalah "Sebelas Tahun Wonua Sorume, Terus Melaju Untuk Kolaka Timur Maju".

Pada sambutannya, Pj Gubernur mengucapkan Selamat Hari Jadi ke-11 kepada Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur dan seluruh masyarakat Sultra. Dalam suasana syukuran, Andap Budhi menyampaikan tiga hal utama.

Pertama, ia bersyukur atas kemudahan, kelancaran, keselamatan, dan perlindungan Allah SWT selama sebelas tahun perjalanan pemerintahan di Kabupaten Kolaka Timur. Kedua, rasa syukur dan terima kasih kepada para pendahulu, tokoh pemekaran, bupati/wakil bupati sebelumnya, serta pihak-pihak yang telah berjasa dalam kemajuan Kabupaten Kolaka Timur.

Terakhir, Andap menekankan komitmen untuk semakin maju ke depannya. Kabupaten ini diharapkan dapat merefleksikan capaian yang telah diraih dan segera menyusun rencana tindak lanjut dalam berbagai rencana pembangunan, baik jangka panjang, menengah, maupun rencana kerja tahunan.

Pj Gubernur juga memberikan pesan kepada Bupati Kolaka Timur dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap fokus sebagai pelayan masyarakat. "Selayaknya kita sebagai ASN adalah pelayan masyarakat, layani dengan cepat, tepat, ikhlas, dan tanpa pamrih serta optimal memenuhi Hak-hak Konstitusional Masyarakat," tandasnya.

Dalam rangkaian peringatan tersebut, Pj Gubernur menyalurkan bantuan kepada masyarakat Kolaka Timur. Alat kewirausahaan seperti mesin jahit, perbengkelan, dan olahan pangan diberikan kepada 20 kelompok. Selain itu, juga disalurkan dana pendidikan sebesar Rp. 1.000.000,- per siswa/i untuk 200 pelajar SMA/SMK/SLB di Kabupaten tersebut.

Sebagai bentuk komitmen pelayanan kepada masyarakat, Pj Gubernur juga meninjau hasil pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kecamatan Tirawuta, Kolaka Timur.

Sebelumnya, selama Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Kolaka Utara, Andap Budhi menyalurkan bantuan bagi kelompok tani, pembangunan/rehabilitasi gedung sekolah, dan alat kewirausahaan seperti mesin produksi gula aren, mesin olahan pangan, dan mesin jahit.

"Semua ini semata-mata sebagai bentuk kewajiban kami dalam melayani masyarakat. Saya hanya menyalurkan kembali hasil dari pajak yang dibayarkan ke negara," tutup Pj Gubernur. Peringatan Hari Jadi ke-11 Kabupaten Kolaka Timur menggambarkan semangat dan komitmen untuk terus berkarya menuju kemajuan yang berkelanjutan.

Penulis: Amar Muarif




Post a Comment

Previous Post Next Post