Kendari, 15 Januari 2024
- Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, memimpin Apel Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2024 di Kantor Gubernur Sultra pada Senin, 15 Januari 2024. Apel ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran K3 dan menekan angka kecelakaan kerja di provinsi tersebut.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur membacakan pesan dari Menteri Ketenagakerjaan, yang mengajak seluruh pihak untuk menjadikan K3 sebagai budaya dalam dunia kerja. Tema apel kesiapan ini adalah "Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha."

"Tingkatkan pemahaman dan kesadaran penerapan norma ketenagakerjaan, membangun budaya K3. Insyaa Allah angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat kita eliminir yang pada akhirnya diharapkan mampu tingkatkan produktivitas kerja. Tenaga kerja juga dimasukan dalam SDGs sustainable development goals," ujar Pj Gubernur.

Dalam penekanannya, Andap memberikan tiga poin perhatian kepada Pengawas Ketenagakerjaan dan Pemberi Kerja (Pengusaha). Pertama, Pj Gubernur menegaskan pentingnya peningkatan kesadaran keselamatan kerja bagi pekerja dengan memberikan pelatihan dan menyediakan alat pelindung diri sesuai standar. Kedua, aturan dan regulasi yang ada harus ditegakkan dengan disiplin. Ketiga, perubahan mindset dan penerapan teknologi bekerja melalui proses pendataan yang valid dan digitalisasi.

Andap juga mengungkapkan bahwa pada tahun 2023, angka pekerja yang meninggal mengalami penurunan, menurut data Disnaker. "Berdasarkan data Disnaker, tahun 2023 angka pekerja yang wafat mengalami penurunan menjadi 20 pekerja, dimana sebelumnya tahun 2021 sebanyak 21 pekerja, dan tahun 2022 sebanyak 25 pekerja. Kedepan saya harapkan dapat kita tekan bahkan zero accident," ungkapnya.

Pada acara tersebut, penghargaan diberikan kepada tiga perusahaan yang mencapai zero accident award, yaitu PT DSSP Power Kendari, PT Putra Perkasa Abadi Site MLP, dan PT Apollo Nickel Indonesia. Pj Gubernur menekankan bahwa penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi perusahaan lainnya untuk menerapkan K3 dengan baik dan meraih predikat zero accident.

Acara dihadiri oleh Forkopimda Tingkat I, Sekda Provinsi Sultra, Pimti Pratama Pemerintah Provinsi Sultra, Pimpinan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, pimpinan perusahaan, karyawan perusahaan di Provinsi Sultra, serta perwakilan ASN Pemprov Sultra. Apel Kesiapan Bulan K3 2024 ini menjadi momen penting dalam meneguhkan komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif di Sulawesi Tenggara.

Penulis: Amar Muarif 







Post a Comment

Previous Post Next Post