Kendari, 31 Desember 2023
- Dalam rangka menghadapi pergantian tahun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) merangkai momen istimewa dengan menggelar Doa Bersama Akhir Tahun. Acara ini, yang berlangsung di Masjid Agung Al-Kautsar Kendari pada tanggal 31 Desember 2023, menjadi wujud syukur dan introspeksi atas perjalanan panjang tahun yang akan segera berakhir.

Doa Bersama ini juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto. Dalam sambutannya, Andap Budhi Revianto menyampaikan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan anugerah yang diterima selama tahun 2023. Dia mengajak seluruh peserta untuk merenung dan merefleksikan dinamika yang telah terjadi sepanjang tahun tersebut.

"Sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah SWT, sekaligus melakukan introspeksi terhadap perjalanan kita sepanjang tahun 2023. Shalawat dan salam tak lupa kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kelak kita mendapatkan syafa'at di hari akhir," ucap Pj Gubernur.

Sebagai bentuk kesederhanaan dan keterbukaan, Andap Budhi Revianto juga menyampaikan permohonan maaf jika terdapat kesalahan dalam pelaksanaan tugas, baik dalam kata-kata maupun perbuatan. "Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata atau dalam melayani masyarakat. Kiranya Bapak dan Ibu membukakan pintu maaf yang seluas-luasnya," lanjutnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan zikir bersama yang dipimpin oleh KH. Djakri Napu. Suasana penuh ketenangan terasa saat jamaah Mesjid Raya Al-Kautsar Kendari merajut tali silaturahmi dalam kegiatan yang dilanjutkan dengan Salat Isya berjamaah.

Sekda Provinsi Sultra dan sejumlah pejabat daerah turut hadir dalam acara tersebut. Kehadiran para tokoh agama, termasuk Ketua Umum MUI dan Ketua PWNU Sultra, Drs KH. Muslim M.Si, yang sempat hadir dalam kegiatan ini.

Andap Budhi Revianto juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Sulawesi Tenggara untuk bersama-sama membangun daerah tersebut. "Saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara untuk mengharmonisasikan gerak dan langkah, bersama membangun Sultra yang semakin maju, sejahtera, dan modern," tandasnya.

Kegiatan ini menjadi momentum yang berharga untuk merangkai kebersamaan dan solidaritas di antara masyarakat Sultra. Sebagai penutup, Salat Sunah Qabul Hajat 4 rakaat menyemarakkan malam tersebut. Sebuah harapan besar tergambarkan dalam doa bersama tersebut, bahwa tahun 2024 akan membawa berkah, keberlanjutan pembangunan, dan kemajuan bagi Sulawesi Tenggara. Semoga kebersamaan dan semangat positif ini terus berkobar di tahun yang akan datang.

Penulis: Amar Muarif 

Post a Comment

Previous Post Next Post