Saya Nur Aisyah, akrab dipanggil Aisyah. Saya merupakan mahasiswa outbound dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka), Fakultas Sains dan Teknologi, Program Studi Farmasi dan sekarang saya sedang menjalankan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3 di Universitas Airlangga (Unair). Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya, dimana letak kampusku? apakah itu termasuk kampus Negeri atau Swasta. Saya akan menjelaskan secara singkat mengenai latar belakang kampus asalku terlebih dahulu, USN Kolaka merupakan kampus Negeri yang berada di wilayah Sulawesi Tenggara tepatnya di Kota Kolaka dengan membuka 6 fakultas dan 25 program studi dengan membagi 3 wilayah kampus di mana kampus utamanya berada di pusat Kota Kolaka, dan dua gedung kampus lainnya berada di Desa Popalia Kelurahan Anaiwoi Kecamatan Tanggetada tepatnya di bagian Selatan kota Kolaka dan yang satunya berada di pulau Buton tepatnya di Kabupaten Buton Tengah. USN Kolaka merupakan Universitas Negeri yang di sah-kan pada tahun 2014.

Bermula dari banyak-nya lika-liku selama proses pendaftaran, proses tes, keberangkatan hingga saya berada di Kota Pahlawan ini. Sejak tahun 2022 saya sudah mengenal program- program kampus merdeka, salah satu program yang berhasil membuat saya tertarik untuk mencoba yaitu program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Banyak keraguan yang timbul dalam diri saya untuk coba mendaftarkan diri di program ini, sampai pada akhirnya PMM 3 di buka kembali dan di detik terakhir pembukaan pendaftaran saya memberanikan diri dan menguatkan tekad untuk mencoba mendaftar setelah mempertimbangkan banyak hal, saya mulai konsultasi mengenai mata kuliah dengan pembimbing akademik yang Alhamdulillah-Nya beliau welcome dan sangat banyak membantu saya selama proses pendaftaran, hingga pilihan utama saya jatuh pada Universitas Airlangga (Unair), mengapa? Karena program studi Farmasi Unair merupakan program studi Farmasi terbaik No 1 di Indonesia, dikutip dari https://ff.unair.ac.id/wrt/1729/ff- unair-raih-peringkat-terbaik-seindonesia , saya merasa dengan ikut menjadi mahasiswa inbound Universitas Airlangga merupakan previlage yang baik bagi saya kedepannya. Pada 28 Agustus 2023 kuliah perdana di mulai, ada banyak hal yang membuat saya berkesan selama menjalankan perkuliahan di Universitas Airlangga yaitu metode pembelajarannya yang beragam dan menarik, dosen-dosen yang asik dalam memaparkan materi, fasilitas yang memadai bagi para mahasiswa dan masih banyak lagi. Fasilitas ini sangat membantu saya selama mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Airlangga, diantaranya yaitu pihak Universitas Airlangga menyediakan asrama bagi mahasiswa PMM sehingga kami tidak perlu lagi mencari tempat tinggal sendiri, hal ini merupakan salah satu hal yang paling berkesan bagi saya sebagai mahasiswa inbound Universitas Airlangga karena saya merasa Universitas Airlangga sangat menjamu kami dengan baik, selain itu disediakannya bus sebagai alat transportasi bagi mahasiswa yang berkuliah di area kampus B maupun A tanpa di pungut biaya, saya juga sangat berkesan dengan kepedulian Universitas Airlangga terhadap lingkungan dengan menyediakan dispenser air untuk mengisi ulang botol minum sehingga mengurangi penggunaan sampah plastik di area kampus.

Hal lain yang menjadi bagian paling berkesan saya adalah kegiatan non-akademik Modul Nusantara yang menjadi kegiatan paling di tunggu-tunggu selain karena saya dapat mengeksplor tempat-tempat yang ada di kota Surabaya maupun di luar Surabaya, saya juga dapat mencoba makanan atau jajanan khas daerah tiap daerah yang dikunjungi. Bermula dari kegiatan kebhinekaan pertama yang berkunjung ke tempat-tempat bersejarah dengan berbagai cerita di dalamnya, kemudian pada saat melakukan kegiatan modul nusantara refleksi yang menggunakan baju adat dan sharing bersama teman-teman mengenai keunikan dari daerah mereka masing- masing membuat saya sangat takjub. Banyak hal yang membuat saya berkesan sebagai mahasiswa Exchange, bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia semakin menjadikan saya sebagai orang yang lebih bertoleransi akan perbedaan. Selain itu kegiatan modul nusantara yang paling berkesan adalah kegiatan yang melakukan kunjungan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Gresik, karena dengan adanya kunjungan tersebut memberikan pengalaman baru bagi saya diantaranya yaitu, saya mencoba olahan ikan yang sebelumnya belum saya coba.

Itulah tadi sedikit dari banyaknya hal yang berkesan bagi saya selama menjadi mahasiswa inbound di Universitas Airlangga, saya yakin pasti akan ada hal yang jauh lebih menarik lagi yang akan saya dapatkan dari apa yang saya ceritakan ini. Akhir kata saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut andil dalam proses penyusunan kegiatan PMM tahun 2023 dan juga kepada pihak Universitas Airlangga yang sudah sangat baik menjamu dan membimbing kami selama menjadi mahasiswa inbound di kampus ini.


Ditulis oleh: Nur Aisyah

Post a Comment

Previous Post Next Post