Usninfo.com, Ambon
- Temu Nasional BEM Nusantara Ke XIV & Ekspedisi Kebhinekaan Nusantara baru saja sukses diselenggarakan di Kampus Institut Agama Kristen Negeri Ambon (IAKN). Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari seluruh BEM di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, termasuk BEM Universitas se Sulawesi Tenggara dan mahasiswa IAKN Ambon sebagai tuan rumah.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, antara lain Dirjen Polkum Kemendagri RI, perwakilan Pimpinan Daerah Maluku, perwakilan Pimpinan Kota Ambon, perwakilan Rektor IAKN Ambon, pimpinan setiap civitas di Kota Ambon, pengurus BEMNUS pusat dan daerah, serta tamu undangan dari berbagai instansi yang menjadi donatur. acara ini.

Salah satu momen penting dalam acara ini adalah penyampaian Keynote Speaker Kebinekaan oleh Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri RI. Ada juga seminar kepemudaan dan pemilu 2024 yang disampaikan oleh Bp. Dr. Yuyun Yudhantara, SIK, M.Si. (Agen Intelijen Kepolisian Utama Baintelkam Polri) dan Muhammad Ryano Panjaitan (Tokoh Pemuda/Ketua Umum KNPI).

Ketua Panitia Temu Nasional XIV, Delkia Lesbatta, menyatakan bahwa acara ini membahas regenerasi dan arah gerak untuk memperkuat peran BEM Nusantara dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Rangkaian acara seperti Ekspedisi Kebinekaan, Deklarasi Pemilu 2024 Damai, dan dukungan untuk AM Sangadji sebagai pahlawan nasional turut meramaikan Temu Nasional.

“Temu Nasional ke-XIV kali ini, selain membahas regenerasi, juga dirangkai dengan agenda Ekspedisi Kebinekaan, deklarasi pemilu damai 2024, dan dukungan untuk AM. Sangadji sebagai Pahlawan Nasional Indonesia,” ungkap Delkia.

Tema besar yang diusung, yaitu 'Merajut Kebinekaan untuk Indonesia Maju,' dipilih karena melihat kondisi Indonesia saat ini dan menyambut kontestasi Pemilu 2024. Tema ini mengajak untuk terus menyebarkan kebinekaan agar tetap Bineka Tunggal Ika.

Momen ini juga menandai berakhirnya masa jabatan Ahmad Faruuq sebagai Koordinator Pusat (Korpus) BEM Nusantara Periode 2022-2023. BEM Nusantara kini dipimpin oleh nahkoda baru, Muksim Mahu, yang terpilih secara aklamasi.

Dalam pidato perpisahannya, Ahmad Faruuq mengingatkan tentang prinsip semboyan Bineka Tunggal Ika kepada seluruh siswa. “Kami menganggap satu-satunya jalan untuk mempererat perbedaan baik agama, suku, ras yang menjadi kekayaan Nusantara tetap satu prinsip Bineka Tunggal Ika dalam menyambut Pemilu 2024,” ujar Faruuq.

Penulis: Amar Muarif

Post a Comment

Previous Post Next Post