Usninfo.com
- Menghapus pekerja anak di Indonesia, termasuk di Kolaka, merupakan tujuan yang sangat penting dalam upaya melindungi hak-hak anak dan memberikan mereka akses yang lebih baik ke pendidikan, kesehatan, dan perkembangan yang sehat.Menurut data hampir sekitar 200 anak menajdi pekerja di salah satu perusahaan kelapa sawit dengan alasan membantu perekonomian orang tua mereka secara otomatis pedidikan sekolah berhenti.

Peraturan dan Hukum Pemerintah Indonesia telah mengesahkan sejumlah undang-undang dan peraturan yang melarang pekerja anak. Ini termasuk UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan UU No. 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.Ai Maryati Soliha selaku ketua KPAI pusat dalam pertemuan diskusinya di USN Kolaka mengatakan sungguh sangat prihatin anak-anak kita harus mengorbankan pendidikannya hanya karna menjadi pekerja di usia muda berapa banyak waktu yang terbuang dan masa depan yang belum tentu jelas menopang mereka di masa mendatang hal seperti ini pemerintah dan masyarakat lainnya perlu kita pikirkan bersama kita semua bertanggung jawab untuk melindungi mereka memberikan pelayanan pendidikan,kesehatan,serta kenyamanan anak-anak indonesia. 


Program Perlindungan Anak Pemerintah dan organisasi non-pemerintah di Kolaka telah melaksanakan program-program perlindungan anak. Ini mungkin termasuk penyuluhan kepada masyarakat dan keluarga tentang pentingnya pendidikan anak, serta dampak buruk pekerja anak terhadap perkembangan mereka.

Pendidikan Gratis dan Berkualitas salah satu cara untuk mengurangi pekerja anak adalah dengan memberikan akses yang lebih baik ke pendidikan yang berkualitas. Pemerintah harus memastikan bahwa sekolah-sekolah gratis dan berkualitas tersedia untuk semua anak.
Penting untuk memastikan bahwa undang-undang yang melarang pekerja anak ditegakkan dengan tegas. Hal ini melibatkan pemberian sanksi kepada pelaku yang mempekerjakan anak-anak secara ilegal.
Kerja sama antara pemerintah,media,LSM, dan komunitas lokal dapat membantu meningkatkan upaya untuk menghapus pekerja anak. 

Harapan dari ibu Ai Maryati Soliha ketua KPAI mendapatkan dukungan terbaik dari USN Kolakauntuk membijaki program strategis pemenuhan hak dan anak melalui kolaborasi dengan pusat,akademis dan daerah.Kerjasama media dan masyarakat dapat membantu menggerakkan opini publik dan mendorong lebih banyak tindakan untuk melindungi hak-hak anak.

Penulis 
Sari Kartika

Post a Comment

Previous Post Next Post