Lakomea, Bombana
- Pada Selasa, 1 Agustus 2023, di Perpustakaan Gembira Desa Lakomea, kegiatan kolaborasi karya tulis kearifan lokal diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN REGULER USN Kolaka Posko 12. Kegiatan tersebut melibatkan 25 penulis, terdiri dari mahasiswa KKN dan siswa-siswi SMA Negeri 11 Bombana.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan kearifan lokal Desa Lakomea melalui sebuah buku antologi. Para peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang bergabung untuk mencatat kearifan lokal yang ada di Desa Lakomea. 

Kegiatan ini dimulai dengan pelatihan menulis narasi dalam ruangan perpustakaan yang dipandu oleh Zubair Baharuddin. Para peserta diajak untuk mengasah kemampuan menulis mereka agar cerita dan ide-ide tentang kearifan lokal dapat diungkap dengan jelas dan menarik. Setelah pelatihan, kolaborasi menulis dilakukan bersama-sama di lingkungan perpustakaan, di mana ide-ide mulai terangkat dan tertuang dalam beragam karya tulis.


Setelah proses menulis selesai, dilakukan pengumpulan karya tulis dari semua peserta. Hal ini memungkinkan berbagai perspektif tentang kearifan lokal Desa Lakomea tertuang dalam satu wadah yang representatif. 

Kolaborasi karya tulis kearifan lokal desa Lakomea ini tidak hanya sekadar menyatukan pena dan pikiran, tetapi juga sebuah upaya nyata dalam mewujudkan penghargaan dan pengakuan atas kekayaan yang dimiliki oleh Desa Lakomea. Semoga naskah buku antologi yang akan segera diterbitkan ini dapat menjadi saksi bisu perjalanan kehidupan dan pemikiran yang melekat dalam setiap halaman dan inspirasi bagi generasi mendatang.


Laporan: Mahasiswa KKN USN Kolaka 2023 dari POSKO 12 KKN REGULER USN Kolaka Desa Lakomea

Post a Comment

Previous Post Next Post