Maruge, Kolaka Utara
- Seminar Desa (Pengenalan Program Kerja) Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler X Universitas Sembilan Belas November Kolaka Desa Maruge Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara. Mahasiswa KKN Reguler X Desa Maruge telah melaksanakan seminar desa yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 30 Juli 2023 pada seminar desa itu mahasiswa mengenalkan program kerja yang dilaksanakan selama 40 hari waktu KKN selama di Desa Maruge, ada dua program kerja yang dikenalkan oleh mahasiswa KKN. 

Dosen pembimbing lapangan Firdaus S.AP., M.Si. juga mengatakan “saya memberi waktu mahasiswa selama 3 hari untuk melaksanakan observasi pasa setiap dusun yang ada di desa  Maruge ini untuk bisa mengidentifikasi masalah yang kemudian bisa jadikan sebagai program kerja dari mahasiswa itu sendiri”. Program tersebut diantaranya program unggulan dan program pendukung, program kerja ini dicetuskan setelah melaksanakan observasi dan pengenalan masalah dari masyarakat-masyarakat Desa Maruge. Program unggulan yang diperkenalkan adalah kebun kolektif.

Kebun kolektif ini menjadi program unggulan karena sesuai dengan tema pada KKN tahun ini “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Untuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat Pedesaan” karena pada kebun kolektif ini mahasiswa akan melaksanakan penanaman bahan pangan yang bisa digunakan oleh masyarakat maupun dijual untuk menunjang ekonomi Desa Maruge. Sedangkan itu pada program pendukung terdiri atas 3 program yang diantaranya adalah: jumat bersih, pembersihan lapangan volly, Jake (jamu kesehatan). Pada program jumat bersih ini mahasiswa akan bekerja sama dengan masyarakat dan pihak dinas pembersihan Desa Maruge untuk membersihkan area jalan SMKN 1 Maruge, permintaan ini disampaikan langsung oleh pihak petugas pembersihan Desa Maruge karena area jalan setapak yang menjalur jalur masuk area SMKN 1 Maruge rumput-rumput liar telah tumbuh tinggi melebihi renase sekitar SMK. pada kebun kolektif juga akan dilakukan penanaman untuk bahan-bahan herbal yang akan nantinya bisa diramu untu Jake (Jamu Kesehatan). Selain itu untuk mendukung program jumat bersih desa akan akan memberikan hadiah kepada dusun yang terlihat bersih.

"Dalam rangka kegiatan jumat bersih ini diakhir kegiatan mahasiswa ini akan diberikan reward untuk lingkungan yang bersih" ucap sekretaris Desa Maruge. Untuk membantu program ini mahasiswa KKN akan dibagi menjadi beberapa orang untuk membantu setiap dusun dalam proses pembersihan yang dilakukan setiap jumat bersih nantinya. Sekretaris Desa Maruge (Irwan) juga mengatakan " cukup pahlawan yang tuntutki, jadi bersihkan ki lingkunganta. adaji nanti hadia yang diberikan kalau selesai mi mahasiswa KKN". Kemudian pada program kerja Jake (Jamu Kesehatan) mahasiswa akan memperkenalkan UMKM yang ada di Desa Maruge yaitu pembuatan gula aren dimana gula aren ini dalam menjadi salah satu penghasil atau pembantu perekonomian Desa Maruge.

Selain itu program Jake (Jamu Kesehatan) ini akan diperkenalkan langsung kepada masyarakat dengan pelatihan yang diberikan langsung oleh mahasiswa KKN Reguler X USN Kolaka. informasi ini disampaikan langsung oleh sekretaris Desa Maruge kepada masyarakat Desa Maruge. Selain itu, pada program pembersihan lapangan voly Desa Maruge sangat mendukung hal tersebut sebagai aktivitas sore untuk masyarakat maupun mahasiswa selama ber-KKN di Desa Maruge output dari pembersihan lapangan voly ini nantinya akan dilaksanakan perlombaan antar setiap Dusun, Dasawisama maupun mahasiswa untuk menyemarakkan HUT RI yang ke-78. 

Dukungan penuh juga di berikan oleh perangkat desa utamanya dari kepala Desa Maruge itu sendiri beliau siap untuk membantu membiayai pembelian bola voly dan net dalam rangka lomba semarak HUT RI. "saya dengar ini mau ccl, jadi kalau bisa untuk bola volly itu biar kami desa yang siapkan baik dari bola maupun net. Sehingga mahasiswa dan pak Babinsa tidak usah keluar dana” ucap kepala desa Maruge. Sejalan dengan dukungan dari perangkat desa itu, Babinsa dari Desa Maruge juga mendukung hal tersebut dengan membantu pembiayaan untuk membeli bola volly dan bola kaki agar semarak HUT RI di Desa Maruge bisa terasa hingga 17 Agustus nanti selesai.

Pemberitahuan keamanan juga disampaikan "tidak henti-hentinya saya mengingatkan kepada adik-adik mahasiswa untuk mengamankan barang-barang anda jangan sampe kehilangan kembali terjadi seperti mahasiswa tahun lalu" informasi itu disampaikan langsung Babinsa Desa Maruge. Informasi ini  disampaikan  agar masyarakat maupun mahasiswa tetap berhati-hati meletakkan barang agar kejadian pencurian tidak terjadi sehingga Desa Maruge tetap aman dan damai. Ucapan terima kasih juga di sampaikan oleh dosen pembimbing “saya ucapkan terima kasih kepada bapak kepala desa, sekretaris desa, pak Babinsa, serta semua masyarakat desa Maruge yang telah hadir pada seminar desa mahasiswa KKN Reguler X Desa Maruge Kec. Katoi Kab. Kolaka Utara ini”.


Laporan: Mahasiswa KKN USN Kolaka 2023 dari Desa Maruge, Kec. Katoi, Kab. Kolaka Utara
Penulis: Amar Muarif

Post a Comment

Previous Post Next Post