Usninfo.com, Kolaka - Desa Wisata Sani-sani, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih penghargaan kategori “Juara Harapan” dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai desa wisata berkembang. Desa ini merupakan satu dari delapan desa  berkembang di seluruh nusantara. Penghargaan tersebut diserahkan dalam acara malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu (27/8/2023). 

A. Mujur S.H, Kepala Desa Sani-san, Kecamatan Samaturu, Kolaka bersama penerima penghargaan lainnya menerima penghargaan langsung  dari Wakil Menteri Parekraf Angela Herliani Tanoesoedibjo.

“Tahun ini ada 4.753 desa wisata se Indonesia yg mengikuti ADWI. Alhamdulillah Desa Wisata Sani-sani, Kabupaten Kolaka masuk dalam 75 desa wisata terbaik se Indonesia. Untuk kategori Desa Wisata Berkembang, ada 8 desa yang masuk nominasi. Kita mendapatkan penghargaan Juara Harapan untuk kategori ini,” ucap Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Sultra, Muhammad Amari. Senin (28/8/2023).

Dengan adanya program ini, kata Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno sebagai salah satu cara membangun Indonesia dari desa, memajukan potensi desa dan memberikan kekuatan ekonomi kepada desa.

“Bersama masyarakat desa yang semangatnya sungguh luar biasa, ternyata bukan Indonesia yang membangun desa, tapi justru desa yang sebenarnya membangun Indonesia. Saya meyakini desa wisata bisa mendunia dan membuat Indonesia makin dikenal”, ujar Sandiaga Uno dalam sambutannya dihadapan para peraih penghargaan ADWI 2023.

Kedepannya, Muhammad Amari berharap semakin banyak desa wisata yang dikembangkan di Bumi Anoa  untuk mendongkrak perekonomian  sektor pariwisata. Semua pihak bisa bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut, sehingga desa wisata bisa bangkit,  menciptakan pengaruh dan lapangan pekerjaan dari desa tersebut.


Penulis: Selviani 

Post a Comment

Previous Post Next Post