Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Qammaddin, S.Kom, M.Kom, CITSM

Di tengah semaraknya pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai wilayah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Qammaddin,S.Kom, M.Kom, CITSM., menyuarakan pandangannya tentang peran mahasiswa dalam mendorong ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal. Dalam pernyataannya, Qammaddin menggarisbawahi pentingnya digitalisasi desa sebagai kunci untuk menggerakkan ekonomi lokal. Minggu(23/7/2023)

Menurut Qammaddin, KKN memiliki peranan strategis dalam menghubungkan mahasiswa dengan masyarakat, terutama di wilayah pedesaan. "Melalui KKN, mahasiswa memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, mengidentifikasi potensi ekonomi lokal, dan membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat," ujarnya.

Kearifan lokal yang diwariskan secara turun-temurun memiliki nilai jual yang unik dan menarik minat pasar. Namun, untuk mencapai skala ekonomi yang lebih besar, Qammaddin menegaskan bahwa digitalisasi desa menjadi langkah kritis yang perlu diambil.

"Digitalisasi desa membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan UMKM berbasis kearifan lokal. Dengan mengadopsi teknologi digital, produk dan jasa dari desa-desa dapat diakses oleh pasar yang lebih luas, tidak hanya di tingkat lokal tapi juga secara nasional maupun internasional," tambahnya.
Peserta Pembekalan KKN Tahun 2023

Lebih lanjut, Qammaddin menyoroti pentingnya keterlibatan aktif mahasiswa dalam menerapkan konsep digitalisasi desa. "Mahasiswa sebagai agen perubahan harus menjadi pelopor dalam membantu UMKM dan pelaku usaha lokal dalam memanfaatkan teknologi dan media sosial sebagai sarana pemasaran," katanya.

Digitalisasi desa juga mencakup penggunaan platform e-commerce untuk memudahkan transaksi dan meningkatkan visibilitas produk dan jasa lokal. Selain itu, pelatihan dan bimbingan teknis mengenai pemanfaatan teknologi juga perlu diberikan agar pelaku usaha lokal dapat beradaptasi dengan perkembangan digital.

Rektor USN Kolaka, Dr. Nur Ihsan HL, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. "Kami mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam pengembangan ekonomi masyarakat berbasis kearifan lokal. Dengan menggabungkan kearifan lokal dan teknologi digital, kami yakin potensi ekonomi di wilayah KKN akan semakin berkembang," ujarnya.

Inisiatif digitalisasi desa yang didorong oleh para mahasiswa dalam KKN mencerminkan kontribusi nyata perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat dan membangun ekonomi lokal yang berkelanjutan. Melalui kolaborasi antara perguruan tinggi, mahasiswa, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan dapat tercipta sinergi yang positif dalam memajukan potensi ekonomi berbasis kearifan lokal.

Dengan semakin meluasnya digitalisasi desa, Indonesia memiliki peluang besar untuk memperkuat ekonomi masyarakat di tingkat lokal dan membawa kearifan lokal ke kancah global.

Post a Comment

Previous Post Next Post