Lawekara, Kolaka Utara
- Salah Satu Program Prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara Yaitu Bersatu Melawan Stunting: Rembuk Kecamatan Menuju Kabupaten Bebas Stunting “Rembuk stunting adalah forum diskusi terbuka yang melibatkan semua desa di Kabupaten Kolaka Utara. Dalam rembuk tersebut, akan ditentukan langkah-langkah strategis yang harus diambil oleh pemerintah dan stakeholder terkait dalam upaya mengatasi permasalahan stunting secara menyeluruh. Kolaborasi dan koordinasi yang baik akan menjadi kunci kesuksesan penanggulangan stunting di wilayah  Kabupaten Kolaka Utara.

Salah Satu Program Harian KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Lawekara Kec.Ranteangin adalah “MELESTARIKAN KEBUN KOLEKTIF” di mana program tersebut juga merupakan program dari Pemerintah Desa Lawekara dalam rangaka pencegahan Stunting di Desa Lawekara, sehingga Mahasiswa KKN di Desa Lawekara melakukan  Kaloborasi dengan pemerintah Desa setempat. Pencegahan Stunting merupakan sebuah inisiatif kolaboratif antara mahasiswa dan masyarakat desa untuk mengatasi masalah stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita, yang mengakibatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental yang terhambat. Stunting biasanya terjadi akibat kurangnya gizi pada masa pertumbuhan anak.


Untuk mengatasi masalah tersebut mahasiswa dan pemerintah Desa Lawekara membuat salah satu program untuk pencegahan stunting yaitu dengan pelestarian kebun kolektif yang di harapkan mampu mengatasi permasalahan akibat kekurangan gizi pada masa pertumbuhan anak.

Peningkatan Kesadaran Masyarakat: Melalui kampanye dan kegiatan sosialisasi, mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting. Masyarakat perlu memahami bahaya stunting dan bagaimana cara mencegahnya dengan mengoptimalkan pola makan dan perawatan anak.. Kebun kolektif Desa ini akan menyediakan sumber makanan bergizi yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Program KKN Kaloborasi Desa dalam Pencegahan Stunting ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat desa. Selain membantu mengatasi masalah stunting, program ini juga dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.


Laporan: Mahasiswa KKN USN Kolaka 2023 dari Desa Lawekara, Kec. Ranteangin, Kab. Kolaka Utara 
Penulis: Amar Muarif

Post a Comment

Previous Post Next Post