usninfo-Ramadhan 2023, Buka puasa merupakan momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim, karena banyak takjil yang disuguhkan menjelang buka puasa Ramadhan 2023. Takjil adalah makanan atau minuman ringan yang dikonsumsi untuk membatalkan puasa saat waktu berbuka tiba. Biasanya, takjil disajikan saat bulan Ramadan ketika umat Muslim berpuasa. Takjil umumnya berupa hidangan yang segar dan nikmat untuk di konsumsi setelah berbuka(25,3,2023).

Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan merekomendasikan 7 menu takjil yang cocok untuk menemani buka puasa teman-teman, dan tentunya mudah untuk di jumpai di seluruh tempat.

1. Pisang Ijo


Pisang ijo atau es pisang ijo adalah sejenis makanan khas Makassar di Sulawesi Selatan, terutama di kota Makassar. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Pisang ijo merupakan hidangan buka puasa yang sangat mudah di temukan saat menjelang buka puasa.


2. Es Buah


Es buah merupakan minuman yang banyak di jadikan sebagai pilihan menu untuk berbuka. Minuman dingin dan manis ini terbuat dari buah-buahan yang dipotong dadu, seperti melon, melon, nanas, pepaya, labu siam, nangka dan kolang kaling, dicampur dengan es serut atau es batu, dan diberi pemanis dengan gula cair atau sirup dan juga susu kental manis.


3. Kolak Pisang


Kolak pisang tak pernah luput dari sajian takjil khas bulan Ramadhan. Menu makanan ini sangat cocok dinikmati ketika buka puasa. Aroma pandannya yang kuat, manis gurih dari gula merah, dan santan yang digunakan sangat menggugah selera.


4. Es Kelapa Muda


Es kelapa muda atau es degan adalah minuman segar penyejuk dahaga yang terbuat dari daging dan air kelapa yang masih muda. Es kelapa muda merupakan minuman yang berasal dari Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang apalagi saat bulan puasa. 


5. Es Cendol


Es cendol adalah minuman yang dibuat dari tepung beras dan sebagainya yang dibentuk dengan penyaring, kemudian dicampur dengan air gula dan santan. Cendol merupakan minuman penutup es manis yang mengandung tetesan tepung beras hijau, santan, dan sirup gula aren.


6. Gorengan


Jika bicara tentang buka puasa, maka kita tidak bisa mengabaikan takjil gorengan. Banyak orang suka makan gorengan sebagai takjil karena umumnya orang suka makanan gurih dan renyah. Gorengan sendiri sangat mudah di dapatkan baik di pinggir jalan maupun di bazar ramadhan.


7. Ice Boba


Adapun jenis takjil yang dijajakan ketika bulan Ramadhan 2023, salah satunya adalah boba. Boba adalah minuman dengan perpaduan susu dan pemanis. Untuk membuat sajian menu takjil yang menyehatkan bisa dikreasikan sendiri dengan membuat boba rempah, dan boba juga memiliki banyak varian rasa yang dapat dijadikan pilihan sebagai menu buka puasa kalian.


Jadi gimana nih, apakah semua menu yang di rekomendasikan oleh mimin sudah kalian coba semuanya, semoga informasi yang mimin bagikan kali ini bermanfaat dan semoga puasa teman-teman lancar ya!.


Penulis : Amar Muarif

Sumber Gambar : Pinterest

Post a Comment

Previous Post Next Post