usninfo- Nasi tidak hanya dikonsumsi agar perut kenyang, tapi juga memiliki beragam manfaat lain. Di antaranya bisa meningkatkan energi dan mengontrol tekanan darah. Dan juga diketahui sebagai makanan pokok orang Indonesia. Kemudian nasi juga biasanya dikonsumsi bersama lauk pauk dan sayuran.

Selain nasi terdapat lontong dan ketupat yang menjadi bahan makanan utama. Dan biasanya lontong dan ketupat itu menjadi pasangan sate ataupun opor.

Namun masih ada juga terdapat sejumlah olahan yang berbahan dasar beras dan bisa juga menjadi pengganti nasi. Adapun terdapat beberapa bagian yaitu :

1. Lontong. 
Lontong merupakan makanan indonesia dari beras yang berkembang oleh masyarakat. Setelah itu, lontong juga umumnya bisa disajikan dengan sate, rujak ataupun rendang. Lontong terbuat dari beras yang dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Dan biasanya dibuat ketika menjelang 1 syawal atau Hari Raya Idul Fitri sebagai hidangan lebaran. 

2. Lepet. 
Lepet ini mirip dengan ketupat, jadi lepet merupakan makanan yang umumnya tersedia pada saat Lebaran Idul Fitri ataupun lebaran Idul Adha. Kemudian lepet juga terbuat dari beras ketan, kelapa parut, dan garam. Lalu bahan-bahan tersebut dimasak bersamaan, setelah matang dimasukkan ke dalam selongsong janur (daun kelapa muda).

3. Buras. 
Buras ini sangat mirip dengan lontong. Jadi bentuk buras yaitu cenderung lebih pendek dibandingkan dengan bentuk lontong, biasanya buras menggunakan bahan beras yang telah dimasak bersama santan. Karena dimasak dengan santan itu rasa dari buras lebih gurih.

4. Ketupat. 
Ketupat ini merupakan salah satu makanan yang memiliki bentuk yang unit, kemudian dibungkus dengan bentuk anyaman dari daun kelapa muda

5. Bakcang. 
Bacang atau bakcang adalah kudapan asal China yang terbuat dari beras atau beras ketan dengan ragam isianya dan dibungkus menggunakan daun.

6. Lemang. 
Lemang ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan, kemudian di panggang dengan menggunakan bambu. 

7. Pali-Pali. 
Pali-pali ialah salah satu makanan khas dari ternate, makanan ini tidak ada bedanya dengan lontong dan ketupat. 


Sumber : https: www.goodnewsfromindonesia.id

Penulis : Satria Ahmad Yadi

Post a Comment

Previous Post Next Post