usninfo- Beras Merah merupakan makanan pokok yang cocok untuk ditambahkan untuk makanan sehari-hari, sehingga mengoptimalkan sistem pencernaan. 

Beras merah seringkali juga dijadikan sebagai alternatif oleh orang-orang untuk menggantikan beras putih, dengan harapan supaya mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Seperti yang diketahui, bahwa beras tidak hanya berwarna putih saja, tetapi juga ada pula yang berwarna merah dan hitam. Beras berwarna, selain sebagai makanan pokok juga berfungsi untuk memenuhi gizi tambahan dan untuk kesehatan.

Manfaat dari Beras Merah

Adapun beberapa manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh jika mengonsumsinya yaitu :

1. Baik Untuk Penderita Diabetes. 

Selain baik untuk membantu porsi makan bagi yang sedang melakukan diet, manfaat beras merah bagi kesehatan juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Hal ini dikarenakan Indeks beras merah lebih rendah dibanding beras putih, sehingga cocok dikonsumsi penderita penyakit diabetes.

Hal ini dikarenakan Indeks Glikemik (IG) beras merah lebih rendah dibanding beras putih, sehingga cocok dikonsumsi penderita penyakit diabetes. Indeks Glikemik adalah indikator cepat atau lambatnya unsur karbohidrat dalam bahan pangan dalam meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh. 

Selanjutnya, beras merah memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Hal ini disebabkan kandungan beragam jenis vitamin dan mineral di dalam beras merah seperti zat besi, mangan, dan zinc yang memiliki berbagai manfaat, seperti membentuk sel darah merah, mempercepat penyembuhan, dan meningkatkan kemampuan untuk melawan infeksi.

3. Penangkal Radikal Bebas. 

Beras merah itu mengandung antosianin atau senyawa fenolik yang bersifat sebagai antioksidan. Jadi dengan sifat antioksidan ini, mengonsumsi beras merah dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit.

4. Cocok Untuk Diet. 

Jadi bagi kalian yang sedang berusaha menjaga pola makan, dan melakukan diet gizi seimbang, maka mengonsumsi beras merah bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa kandungan serat pada beras merah lebih banyak 6 kali dibandingkan beras putih. Dengan kandungan serat yang tinggi tersebut yaitu selain menyehatkan, maka kalian mengonsumsi beras merah akan membuat kenyang lebih lama, sehingga porsi makan kalian bisa dibatasi dengan baik dan tidak berlebihan porsi makan supaya bisa kenyang.

5. Mencegah Kanker. 

Mengonsumsi beras merah, bisa juga mencegah kanker karena mengandung selenium dan polifenol. Sehingga itu, keberadaan antioksidan yang kuat dan kandungan serat pangan yang tinggi dapat mencegah penyakit kanker usus besar, kanker payudara, dan leukemia.


Sumber : hellosehat.com

Penulis : Satria Ahmad Yadi


Post a Comment

Previous Post Next Post