usninfo- Ubi jalar Ungu ini merupakan salah satu makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Rasanya mulai yang manis dan pengolahannya yang mudah membuat makanan ini menjadi kesukaan banyak orang. 

Tak hanya itu, rupanya ubi jalar ungu ini banyak memiliki vitamin, antioksidan, serat, dan juga mineral yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi keseharian kalian, jadi apa saja manfaat kandungan nutrisi ubi jalar bagi kesehatan kita. 

Kandungan Nutrisi Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh yaitu :

1. Melawan Kanker. 

Ubi Jalar ini dapat memperlambat beberapa pertumbuhan yaitu jenis sel kanker, termasuk kanker kandung kemih, usus besar, dan payudara. Ubi jalar diketahui memiliki kandungan antosianin, dan merupakan kelompok antioksidan yang ditemukan dalam ubi. Sehingga mengonsumsi jenis umbi-umbian ini dapat membantu melindungi tubuh dan melawan beberapa jenis kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus. 

Membantu kesehatan usus yaitu terdapat pada serat dan antioksidan yang terdapat di ubi jalar sangat bermanfaat bagi kesehatan usus. Jadi ubi jalar sendiri ini mengandung dua serat yaitu serat tidak larut dan serat larut. Di dalam tubuh kita tidak dapat mencerna kedua jenis serat sekaligus.

Akan tetapi jik serat yang terdapat didalam diri kalian tetap berada di saluran pencernaan dan dapat memberikan manfaat kesehatan yang terkait dengan usus. Selain itu antioksidan yang terdapat didalam ubi jalar juga dapat memberikan kesehatan usus.

3. Melindungi Kesehatan Kardiovaskular. 

Ubi Jalar ini memiliki manfaat untuk membantu supaya menjaga kesehatan kardiovaskular, ubi jalar ini termasuk serat larut yang dapat membantu agar menurunkan kadar kolesterol darah dan memgurangi juga risiko penyakit jantung. 

4. Menjaga Kesehatan Mata. 

Saat mengonsumsi ubi jalar itu memiliki kandungan beta-karoten yang ada di dalamnya akan diubah menjadi vitamin A. Jadi vitamin A ini berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata dan membentuk reseptor pendeteksi cahaya dalam mata.

5. Meningkatkan Fungsi Otak. 

Ubi jalar berpotensi dapat meningkatkan fungsi otak. Jadi manfaat ini berasal dari kandungan anthocyanin yang dapat meningkatkan memori dengan menangkal sebuah radikal bebas. Maka tak hanya itu saja, diet buah-buahan, sayuran, serta antioksidan. 

6. Memperpanjang Umur. 

Ubi Jalar ini bisa memperpanjang umur, sehat, dan bahagia, walaupun umur itu tidak dapat diprediksi, akan tetapi ubi jalar itu juga bisa membantu kalian untuk memperpanjang umur. 

7. Menstabilkan Gula Darah. 

mengonsumsi ubi ungu telah terbukti untuk membantu menurunkan gula darah. Jadi ubi ungu ini memiliki kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid bisa mengurangi stres oksidatif dan resistensi insulin dengan melindungi sel-sel penghasil insulin di hati yang akan berdampak buruk bagi penderita diabetes tipe 2.

8. Menjaga Berat Badan Yang Sehat. 

Ubi ungu ini memiliki kandungan serat tinggi, selain itu baik untuk pencernaan juga bisa membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu saja, ubi ungu juga dapat memberikan efek kenyang saat dikonsumsi.

Sumber : health.kompas.com

Penulis : St. Rahmayanti. A


Post a Comment

Previous Post Next Post