usninfo- Rasa percaya diri merupakan perpaduan antara keyakinan dan kemampuan dalam menghargai diri sendiri. Kepercayaan diri termasuk dalam ranah psikologi karena berkaitan dengan proses mental yang berpengaruh pada perilaku. Rasa percaya diri berhubungan dengan cara seseorang dalam memandang diri sendiri baik kekuatan maupun kelemahan yang dimiliki.

Meski terlihat sederhana maka semua orang bisa merasa yakin bahwa kemampuan yang terdapat dalam dirinya sendiri, sehingga sulit untuk membangun rasa percaya diri. Seseorang dikatakan memiliki rasa percaya diri, jika dia mempunyai perasaan bahwa dirinya mampu melakukan suatu hal, guna mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebaliknya, ketika seseorang merasa tidak yakin bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu hal untuk mencapai tujuan, maka orang tersebut tidaklah memiliki rasa percaya diri dalam dirinya.

Kita memiliki rasa percaya diri juga dapat meningkatkan sikap lebih positif. Jadi Bagaimana sih cara mudah meningkatkan rasa percaya diri?

Cara Membangun Rasa Percaya Diri. 

1. Dimulai dari Sikap Berdiri atau Duduk. 

Jika kalian berdiri dan duduk dengan tegap, maka secara tidak langsung tubuh kalian mengirimkan sinyal positif ke seluruh sel-sel tubuh. Jadi, jika kalian ingin merasa lebih kuat, duduklah dengan tegak, tersenyum, atau berdiri dan pesan itulah akan dikirim ke otak.

2. Mindfulness. 

Mindfulness adalah praktik yang membuat kalian lebih fokus terhadap situasi saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi. Jadi, keadaan ini yang membantu menerima dan mengatasi pikiran, perasaan, atau sensasi yang menyakitkan atau mengganggu. Dan diduga efektif untuk merawat dan meningkatkan kesehatan mental harian kalian. Mindfulness juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan. 

3. Olahraga Secara Teratur. 

Ketika kalian berolahraga secara rutin maka secara tidak langsung kalian akan memiliki kondisi tubuh yang lebih prima serta ideal dibandingkan sebelumnya, pikiran jauh lebih tenang, dan kalian bisa jadi jauh lebih produktif. Maka dari itu olahraga merupakan salah satu cara untuk bisa meningkatkan kepercayaan dirimu.

4. Ikuti Proses, Risiko, dan Membuat Kesalahan. 

Untuk tumbuh secara pribadi dan profesional, kalian harus bersedia mengambil risiko dan membuat kesalahan. Tapi, itu semua tidak akan kalian lakukan akibat tidak percaya diri yang kalian rasakan. Jika kalian percaya diri, kalian dapat memulai dari hal yang memiliki risiko kecil dan mulai belajar dari sana.

5. Katakan yang Baik pada Diri Sendiri. 

Kepercayaan diri juga bisa diartikan sebagai suatu sikap disertai penilaian atas kemampuan diri sendiri yang didasari dari pencapaian yang telah berhasil dilakukan sehingga memiliki kemampuan lebih dalam untuk menilai kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Orang yang percaya diri mampu mendorong dirinya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi setiap harinya. 

6. Percaya dengan Diri Sendiri. 

Percaya pada diri sendiri itu merupakan kekuatan utama karena dengan percaya diri yang kuat, kalian akan bisa mencapai tujuan. Kalian juga memiliki keyakinan untuk bisa menaklukkan segala tantangan yang ada di kalian. Percaya pada diri sendiri juga akan membuat kalian menjadi pribadi yang tangguh, dan tidak mudah goyah oleh pendapat orang lain.

7. Perbanyak Kegiatan yang Menyenangkan. 

- Menikmati Musik. 

Menikmati lagu-lagu favorit selalu menyenangkan. Bagi yang suka bernyanyi, bisa juga berkaraoke secara solo lewat aneka aplikasi, salah satunya Smule.

- Olahraga Ringan. 

Kita lakukan saja olahraga uang ringan di rumah dengan instruksi dari berbagai aplikasi kebugaran. Dan berbagai tutorial di Youtube juga dapat disimak untuk mendukung rutinitas olahraga yang membuat tubuh tetap bugar.

- Tidur. 

Terdengar sepele, tapi ide aktivitas ini susah dilakukan sebagian orang. Dengan menikmati waktu sendiri di rumah tanpa gangguan dari orang atau hal lain, merupakan saat yang tepat untuk mulai menciptakan suasana tidur yang nyaman dan mewujudkan tidur berkualitas.

Sumber : www.halodoc.com

Penulis : St. Rahmayanti. A


 

Post a Comment

Previous Post Next Post