usninfo-
Ketika hendak membeli komputer, maka mungkin kalian menemukan bahwa ada komputer 32-bit dan komputer 64-bit, atau mungkin ketika kalian hendak menginstal software atau game di komputer. Dan kalian juga diberitahu bahwa aplikasi 64-bit itu tidak dapat berjalan di sistem 32-bit. 

Ketika berbicara tentang komputer maka perbedaan antara 32 bit dan 64 bit adalah tentang kekuatan pemrosesan. Komputer dengan prosesor 32-bit itu lebih tua, lambat, dan kurang aman, sedangkan dengan prosesor 64-bit lebih baru, cepat, dan lebih aman bagi kalian yang menggunakan komputer/laptop.

Bagaimana sih perbedaan windows 32 bit dan 64 bit.? Mari kita liat perbedaannya yaitu sebagai berikut :

1. Performa 32 bit dan 64 bit. 

Secara mendasar, perbedaan 32 bit dan 64 bit pada sistem windows dan terletak pada kemampuan performa prosesornya, apabila dibandingkan maka tentunya kalian dapat menerka bahwa teknologi prosesor 64 bit lebih unggul dari pada 32 bit. Jadi prosesor windows ini berbasis 64 bit karena itu lebih cocok digunakan untuk mengoperasikan kegiatan yang lebih berat, seperti mengedit video, mendesain, bermain game dan lainnya. Sedangkan prosesor 32 bit ini bisa melakukan aktivitas yang ringan dan dapat mengoperasikan aplikasi yang tidak terlalu berat. 

2. Jumlah RAM. 

Komputer/laptop mudah dilakukan oleh pengguna dan memiliki beberapa komponen penting salah satunya RAM. Maka dari itu kalian akan membutuhkan RAM yang besar, jadi kalian harus menggunakan windows 64 bit yang paling tepat, dibandingkan dengan windows 32 bit. 

3. Kemampuan Dalam Memproses Data. 

Perbedaan pada windows dan prosesor 32 bit dan 64 bit maka sangat berpengaruh pada peforma komputer sendiri, karena angka 32 dan 64 sebenarnya bisa mewakili jumlah data yang diproses dalam satu kali putaran. Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu, sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu. 

4. Kompatibilitas Software. 

Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit yang sangat berpengaruh juga dalam kompatibilitas yang digunakan. Oleh karena itu windows 32 bit ini tidak bisa menjalankan pada software 64 bit, sedangkan pada windows 64 bit ini lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32 maupun 64 bit. 

Di sini kita lihat Kelebihan dan Kekurangan Pada Windows 32 bit. 

- Kelebihan Windows 32 bit. 

1. Dapat menjalankan software dan aplikasi lama dengan basis 16 bit. 

2. Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.

3. Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama, cocok untuk laptop atau komputer lama.


- Kekurangan  Windows 32 bit. 

1. Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.

2. Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti After Effects. 

3. Hanya sedikit software baru yang kompatibel atau yang bisa digunakan

Di sini kita Kelebihan dan Kekurangan Pada Windows 64 bit. 


- Kelebihan Windows 64 bit. 

1. Dapat menjalankan software yang 32 bit

2. Lebih cepat dan efisien saat menggunakan windows 64 bit di komputer/laptop kalian. 

3. Memiliki kinerja prosesor lebih baik.


- Kekurangan Windows 64 bit. 

1. Tidak bisa terhubung dengan laptop lama. 

2. Tidak bisa dilakukan secara optimal, karena tidak bisa kalau menggunakan RAM 2GB dan dia bisa menggunakan dengan RAM 4GB ke atas. 

Cara Cek Windows 32 bit dan 64 bit. 

1. Silahkan kalian akses lewat search pada pojok samping menu, lalu silahkan anda ketik Control Panel dan kemudian kalian buka menunya. 

2. Jika kalau sudah terbuka menunya, maka silahkan kalian pilih menu System and Security. 

3. Lalu selanjutnya silahkan kalian pilih menu System.

4. Setelah selesai pilih semuanya maka akan terbuka system type yang digunakan. 


Sumber : qwords.com

Penulis : St. Rahmayanti. A

Post a Comment

Previous Post Next Post