usninfo-   Public speaking adalah salah satu Keterampilan penting yang mutlak untuk dipelajari dan dikuasai. Dan harus bisa bicara dihadapan banyak orang menjadi hal yang membanggakan sekaligus menyenangkan. Tapi, bagi sebagian orang bisa jadi hal yang menakutkan, jangankan berbicara, berdiri saja kaki tidak henti bergetar. Padahal public speaking sangat dibutuhkan semua orang dalam berbagai aspek kehidupan termasuk pekerjaan Karenanya public speaking harus dilatih dan dibiasakan.

Cara jago public speaking itu bagaimana, sih? Masa tiap kali presentasi kelompok di depan kelas, ngomongnya belibet terus?Tenang, kalian tidak sendiri. Kalau boleh jujur, sebenarnya semua orang juga pernah ngerasa gugup ketika harus berbicara di depan banyak orang.

Memang caranya gimana? Ini dia, beberapa tips jago public speaking yang bisa kalian coba.

1. Perbanyak Kosakata.
Ada banyak sumber untuk meningkatkan kosa kata kalian setiap hari, bisa dengan membaca buku, menonton TV, dan berbicara dengan orang lain. Dan Jangan mengabaikan setiap kalimat atau kata baru yang telah kalian dengar, Jika dilakukan dengan benar, maka membaca buku bisa menjadi sumber terbaik untuk meningkatkan kosakata kalian.

Pastikan kalian membaca sesuatu hal yang menarik dengan tujuan memahami setiap kata yang belum pernah diketahui sebelumnya. Membaca secara teratur memungkinkan kalian untuk mengetahui lebih banyak kata dengan mudah.

2. Tidak Terpaku pada Tata Bahasa.
Setiap orang berbeda-beda dalam hal berpresentasi. Beda intonasi dan beda gaya. Akan tetapi ada pembicara yang menyampaikan materi presentasinya dengan gaya yang berapi-api. Tentunya itu tidak masalah, sepanjang gaya itu sesuai dengan materinya. Tapi akan lebih baik jika kalian menyampaikan materi presentasi dengan gaya yang lebih kasual, seperti ketika kalian sedang berbicara dengan teman-teman dekat kalian.

Untuk itu, kontak mata sangatlah dibutuhkan. Ketika sedang berbicara dengan teman, kalian tentu akan melihat ke arah matanya. Ketika dilakukan kontak mata di antara orang-orang yang sedang bercakap-cakap, maka pembicaraan akan terasa lebih intens.

3. Mulai Berbicara.
Keterampilan berbicara di depan orang banyak atau public speaking akan sangat membantumu untuk bisa berinteraksi dan menempatkan diri dengan baik di masyarakat. Saat berada di dunia kerja nantinya ada waktunya kalian harus berbicara di depan orang banyak misalnya ketika presentasi.

Oleh sebab itu sebaiknya pelajari tips public speaking yang baik sejak di bangku sekolah menengah agar saat waktunya bekerja nanti kalian sudah menguasainya. Sebab itu, ketika bekerja nanti kalian akan harus melakukan kerjasama dengan pihak lain sehingga tentu saja komunikasi yang bagus sangat dibutuhkan.

Public speaking merupakan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain agar maksud dan tujuan yang hendak kalian sampaikan bisa dipahami.

Sumber : disdikpora.bulelengkab.go.id

Penulis : St. Rahmayanti. A

 

Post a Comment

Previous Post Next Post