usninfo-Artikel kali ini kami akan membahas mengenai Sistem Informasi Enterprise (SIE). Sistem informasi enterprise ini merupakan salah satu mata kuliah yang ada di jurusan Sistem Informasi (SI) dimana mata kuliah ini dapat memberikan pemahaman mengenai sistem informasi mendukung aktivitas bisnis sebuah perusahaan.

Platform Teknologi ini dapat menyatukan semua informasi dari berbagai bagian menjadi satu (singel) informasi secara logical, sehingga enterprise (perusahaan/ organisasi) bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

Buat kalian yang masih bingung, apasih itu Sistem Informasi Enterprise? Jadi, Enterprise adalah sebuah sistem dari manusia, peralatan, material, data, kebijakan, dan prosedur yang muncul untuk menyediakan sebuah produk atau pelayanan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dikutip dari berbagai sumber, menjelaskan apa saja yang menjadi karakteristik dan keuntungan dari sistem informasi enterprise.

Berikut ini karakteristik dari Sistem Informasi Enterprise berdasarkan kualitasnya:

1. Menghasilkan informasi yang benar

2. Fleksibel

3. Informasi yang dihasilkan valid

4. Menghasilkan informasi berskala

5. Menghasilkan informasi yang completed

6. Menghasilkan informasi yang relevant

Sistem Enterprise sangat berguna bagi perusahaan atau organisasi. Keuntungan yang di dapat dalam menerapkan sistem informasi enterprise yaitu:

1. Meningkatkan kualitas komunikasi

2. Mempercepat waktu pencarian informasi

3. Meningkatkan kualitas dari pengambilan keputusan

4. Menyediakan keuntungan kompetitif

5. Memfasilitasi pencapain tujuan organisasi

6. Memfasilitasi akses ke seluruh informasi

7. Memungkinkan antisipasi masalah dan kesempatan dari kemampuan dan manfaat sistem informasi enterprise di atas.

8. Memungkinkan perencanaan

9. Memungkinkan pencarian penyeban masalah

10. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

11. Memenuhi kebutuhan eksekutif

Dengan adanya sistem informasi enterprise ini dapat memberikan pemahaman agar mampu membangun perusahaan untuk Pemula Berbasis Digital atau Startup Digital.

Selain itu, sistem informasi ini dapat memberikan banyak manfaat serta sangat penting bagi perusahaan untuk mendukung eksistensi dana pelebaran sayap suatu perusahaan di kalangan/ di mata masyarakat luas.


Penulis: Selviani 


Post a Comment

Previous Post Next Post