usninfo- Dari masa ke masa windows selalu mengalami perkembangan dan peningkatan agar pengguna mendapatkan kepuasan tersendiri dalam menggunakan windows. Windows merupakan suatu sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Inc.

Untuk mengetahui perbedaan dan perkembangan apa saja yang terjadi di setiap windows, berikut ini perkembangan windows dari awal hingga saat ini.

1. Ms.Dos

Microsoft Disk Operating System (Ms.Doc) pertama kali dirilis pada tahun 1981. Sistem operasi ini berbasis teks dan command line. Ms.Dos berakhir pada tahun 2000 karena Microsoft menghentikan dukungannya terhadap Ms.Dos.

2. Microsoft Windows (Windows 1.x-Windows 3.x)

-Windows 1.0

Microsoft Windows 1.0 pertama kali dirilis pada 10 November 1998 yang berbasis GUI (Graphical User Interface)

-Windows 2.0

Microsoft Windows 2.0 dirilis pada 9 Desember 1987 untuk melengkapi kekurangan Windows 1.0.

-Windows 3.0

Microsoft Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga ikon. Sistem operasi ini kemudian berkembang menjadi versi 3.11 yang mendukung software Networking.

3. Windows 95-Windows ME

Pada windows ini sudah banyak memiliki perkembangan dan peningkatan dimana tampilannya sudah memiliki "start" yang bisa mendukung penamaan berkas yang panjang. Selain itu, windows 95 juga mendukung plug and play.

Adapun fasilitas yang disediakan yaitu browser seperti Windows Explorer dan fitur untuk manajemen daya (APM).

4. Windows 98 - Windows SE

Versi ini sudah mendukung VGA berbasis AGP, mendukung media penyimpanan berkas seperti USB. Tambahkan fitur selanjutnya yaitu dapat menjalankan game dan aplikasi multimedia.

5. Windows NT 3.xx - 4.xx

Microsoft Windows yang satu ini dirilis untuk komputer intel x86, DEC Alpha dan sejumlah platform yang mendukung ARC (Advanced RISC Computing). Windows ini digunakan dalam jaringan komputer.

Windows NT 4.0 merupakan versi rilis Windows NT yang mendukung DEC Alpha, MIPS, dan PowerPC.

6. Windows 2000

Versi ini dirilis pada 17 Februari 2000 di Amerika Serikat. Adapun fitur-fitur tambahan pada Windows 2000 ini yakni:

1. Active director yang baru

2. Image Preview

3. Browser Explorer versi baru

4. Windows media player

5. Dukungan manajemen daya yang lebih baik

6. Mendukung Microsoft Direct dan Open GL


7. Windows XP

Pada Windows ini sudah memiliki perubahan fitur dan performa yang dirilis pada 25 Oktober 2001. Tersedia berbagai macam edisi yang sesuai dengan kebutuhan.

8. Windows Vista

Versi ini dirilis pada 8 November 2000. Versi ini lebih mengutamakan tampilan grafis daripada performa. Adapun fitur-fiturnya yakni AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik daripada windows XP.

9. Windows 8

Windows 8 dirilis pada 28 Oktober 2012 yang merupakan versi terbaru Microsoft Windows. Sistem operasi yang satu ini menggunakan mikroprosesor AR buatan Intel dan AMD.

10. Windows 10

Windows 10 resmi dirilis pada 29 Juli 2015. Sistem operasi ini merupakan penyempurnaan dari Windows 8. Versi ini sudah memiliki fitur yang lebih modern dan up to date, dilengkapi dengan game mode, memiliki windows Store, dan masih banyak lagi keunggulan lainnya.

11. Windows 11

Windows 11 merupakan versi yang paling terbaru dimana versi ini dibangun di atas fondasi windows 10 yang konsisten, kompatibel, dan familiar. Windows 11 resmi dirilis pada Juni 2021. 

Adapun keunggulan dari Windows 11 diantaranya yaitu:

Tampilannya desainnya yang lebih fresh, menu setting yang ringkas dan elegan, memiliki fitur Snap Layouts yang membantu pengguna dalam mengatur beberapa jendela ketika sedang multitasking, memiliki fitur Auto HDR Mode, Fitur Direct Storage, memiliki tingkat keamanan yang tinggi, dll.


Sumber: teknoding.com, lamnesia.com

Penulis: Selviani


Post a Comment

Previous Post Next Post