usninfo-Microsoft akhirnya meliris Windows 11 pada 5 Oktober 2021. Sistem operasi ini merupakan versi upgrade dari Windows 10 yang diluncurkan pada tahun 2015. Sama dengan sistem operasi pendahulunya, Windows 11 ini tersedia dalam beberapa varian seperti Windows 11 Home, Pro dan Enterprise. Bagi para pelajar, tenaga pendidik dan institusi pendidikan.

Microsoft ini menawarkan varian dari versi Enterprise yang khusus diperuntukkan bagi kebutuhan pendidikan melalui tools dan fitur yang tersedia, versi edukasi dapat membantu guru dan siswa untuk belajar, berkolaborasi dan melakukan inovasi dalam sebuah ekosistem sistem operasi yang aman dan terpercaya. Microsoft memang menganjurkan institusi pendidikan untuk menggunakan Windows 11 Education. 

Dan versi yang paling populer yaitu Windows 11 Home, Windows 11 Pro, Windows 11 Enterprise dan Windows 11 Education. Secara umum, perbedaan versi tersebut ditujukan bagi penggunaan yang berbeda. 

Dari 4 versi windows tersebut memiliki perbedaan fitur-fitur yang berbeda antara lainnya : 

1. Windows 11 Home. 

Windows 11 Home ini hanya di peruntukkan untuk kebutuhan rumahan ataupun pengguna biasa. Jadi versi ini hanya sebagian besar yang dirancang untuk pengguna dan ingin meminimalkan penggunaan komputer/laptop di rumah untuk tugas sehari-hari kalian. 

2. Windows 11 Pro. 

Windows 11 Pro ini hanya untuk di peruntukkan bagi para pelaku bisnis. Windows 11 Pro memiliki sejumlah fitur yang lebih lengkap, seperti adanya Group Policy, Kiosk Mode, Mobile Device Management dan lainnya. Untuk pengguna umum fitur ini tentunya jarang kita gunakan kecuali kalian memang adalah seorang IT Admin, pengguna IT Professional dan seorang opreker yang suka mengulik Group Policy, maka dari itu versi tentunya menghadirkan fitur yang lebih lengkap. 

3. Windows 11 Enterprise. 

Windows 11 Enterprise ini hanya diperuntukkan bagi organisasi yang membutuhkan keamanan ekstra dan kontrol terhadap fitur, aplikasi dan manajemen sistem operasi. Oleh karena itu salah satu fitur dan hanya menjadi pembeda dengan versi lain yaitu adalah AppLocker yang memungkinkan administrator untuk membatasi beberapa aplikasi, selain dari itu ada juga Direct Access yang memungkinkan penggunaaan mengakses dengan jaringan internal dan hanya melalui VPN ketika kalian terhubung dengan internet. 

4. Windows 11 Education. 

Windows 11 Education ini hanya diperuntukkan untuk sebuah kebutuhan dunia pendidikan ataupun sekolah. Dan oleh karena itu versi Enterprise ini dilakukan dalam jumlah banyak ataupun secara partai untuk semua kegiatan pendidikan. 

Sumber : pemmzchannel. Com

Penulis : Satria Ahmad Yadi

Post a Comment

Previous Post Next Post