usninfo- Sistem operasi terbaru iPhone iOS 16 sudah resmi diluncurkan dan sudah banyak orang yang mengupgrade perangkatnya ke versi terbaru. Namun masih banyak juga pengguna yang ragu untuk mengupgrade perangkatnya saat ini.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 ini bisa kita lihat lewat fitur Live Text, jadi fitur Live Text ini hanya mampu untuk mendeteksi teks yang terdapat difoto ataupun gambar. Sedangkan Live Text di iOS 16 ini kemampuannya akan ditingkatkan supaya menjadi bisa untuk mendeteksi teks yang terdapat di video.

Jadi mari kita lihat penjelasan tentang perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yaitu sebagai berikut :

1. Lock Screen.
Perubahannya yaitu seperti dimana iOS 15 tidak memiliki banyak perubahan dibandingkan dengan iOS sebelumnya. Namun oleh karena itu diupdate terbaru supaya para pengguna bisa memodifikasikan layar kunci kalian dengan berbagai opsi. Mulai dari warna, font, waktu, widget, dan lainnya.

Lockscreen juga bisa menampilkan widget seperti pengingat kalender, cuaca, baterai, alarm, zona waktu, dan lainnya. Layar kunci dengan emoji juga bisa ditambahkan. Ada fitur baru yaitu Live Activity yang bisa membantu pengguna untuk mengetahui hal-hal yang terjadi secara real time.

2. Fokus.
Pada iOS 15 ini bisa digunakan pengguna untuk memilih mode sesuai keinginan kalian. Seperti, mode Don't Disturb atau Sleep. Sehingga ada peningkatan di iOS 16 seperti kemampuan perangkat untuk memberikan sebuah saran untuk menampilkan beberapa aplikasi tertentu di layar home sesuai dengan mode yang kalian pilih. Fokus juga bisa diaktivasi dengan cara otomatis seperti pada waktu dan lokasi tertentu di iOS 16,dan tidak hanya itu fokus juga bisa diatur secara otomatis untuk aktif saat pengguna membuka aplikasi tertentu.

3. Live Text.
Jika di iOS 15 live text ini hanya bisa digunakan untuk mendeteksi teks didalam gambar atau foto, sedangkan jika di iOS 16 live text ini hanya bisa digunakan untuk mendeteksi teks yang tersedia pada video tersebut.

4. Galeri Foto (Photos).
iOS 15 ini bisa diakses dengan mudah, tinggal di tap saja pada masing-masing folder tersebut. Sedangkan iOS 16, Apple bisa menambahkan level privasi sehingga foto dan video yang tersimpan didalam Hidden Album dan Recently Deleted Album hanya bisa diakses dengan face ID ataupun Touch ID dan Passcode.

5. iMessage.
Ada update besar untuk aplikasi iMessage di iOS 16 yang tidak ada di iOS 15, Apple ini memberikan opsi edit yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki pesan yang typo dan membatalkan pengiriman pesan menggunakan Undo Send. Apple juga akan memberikan tombol SharePlay di iMessage, sehingga pengguna dapat mengetik pesan sambil menonton.

6. Safari.
Dalam Safari khususnya pengguna update iOS 16 kalian pengguna bisa menambahkan Grup Tab untuk berbagai kumpulan situs web dengan teman dan keluarga kalian, kemudian fitur terjemahan website yang sudah hadir di iOS 15 ini bisa ditambah dukungan terjemahan ke bahasa Indonesia yang baru hadir di iOS 16 sehingga memudahkan pengguna untuk menerjemahkan webiste asing ke bahasa Indonesia.

7. Wifi.
Perbedaan iOS 15 dan iOS 16, dimana pada iOS 15 dan sebelumnya pengguna tidak bisa melihat password WIFI yang tengah tersambung di iPhone. Namun pada update terbaru ada fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat password WIFI di iPhone.
 
Sumber : tekno.kompas.com

Penulis : Satria Ahmad Yadi




Post a Comment

Previous Post Next Post