Usninfo- Sebelum kita membahas VMware kita ketahui penjelasannya. Vmware yaitu salah satu software yang menawarkan virtualisasi dan cloud computing untuk server, komputer, dan perangkat keras lainnya. VMware adalah layanan cloud pengembang software virtualisasi, yang bisa kamu gunakan untuk membuat mesin virtual (VM).

Dengan virtualisasi server VMware, sebuah hypervisor diinstal di server fisik untuk memungkinkan beberapa VM diaktifkan pada satu server fisik yang sama. Setiap VM dapat menjalankan sistem operasinya sendiri, yang memungkinkan beberapa sistem operasional (OS) bisa dijalankan di satu server fisik. Semua VM di server fisik yang sama berbagi sumber daya yang sama pula, seperti jaringan dan RAM.

1. Sejarah singkat tentang Vmware

 Nama VMware itu sendiri diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc., yang merupakan vendor software cloud computing dan virtualisasi, yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. VMware didirikan pada tahun 1998 oleh Diane Greene, Mendel Rosenblum, Scott Devine, Ellen Wang dan Edouard Bugnion. Hanya berselang 6 tahun kemudian, VMware diakuisisi dan menjadi anak perusahaan dari Dell Technologies, dengan mahar $625 juta.

2. Cara kerja VMware sebenarnya cukup sederhana. Saat diluncurkan, VMware akan membuat layer virtual machine di hardware atau physical machine yang Anda gunakan. 

Saat virtual machine tersebut terisi dengan sistem operasi, maka sistem operasi yang terinstal di virtual machine (guest OS) itu akan berjalan di sistem operasi utama (host OS).

Layer virtual machine ini termasuk storage, CPU, RAM, DVD ROM, dan berbagai komponen lainnya yang ada pada perangkat keras tersebut

Terdapat 3 jenis VMware beserta kegunaan masing-masing yaitu ada VMware Server di gunakan untuk menjalankan virtual machine yang dibuat oleh produk VMware yang lainnya.

VMware Player di gunakan untuk kebutuhan virtual machine yang sederhana seperti penggunaan pribadi yang digunakan di laptop atau komputer personal  dan yang terakhir VMware Workstation digunakan untuk membuat beberapa virtual machine dan menjalankannya secara bersamaan pada sebuah sistem operasi.

VMware juga digunakan untuk mempelajari suatu sistem operasi pada saat proses pembelajaran maupun pada saat pengembangan sistem operasi itu sendiri.

Fungsi utama dari VMware adalah agar Anda bisa menjalankan banyak sistem operasi yang berbeda menggunakan perangkat keras yang tunggal.

Contohnya, dengan VMware, Anda bisa menjalankan sistem operasi Windows dan Mac Os dalam satu komputer, sehingga seolah olah Anda memiliki dua unit perangkat.

Proses ini juga bisa dilakukan tanpa harus melakukan boot ulang terlebih dahulu. Anda hanya perlu masuk ke software virtual machine yang ada pada perangkat Anda.

Selanjutnya Anda akan masuk ke sistem operasi lainnya sebagai host operating system. Misalnya berpindah dari Windows ke Linux dan sebaliknya.

Nantinya, sistem operasi kedua yang dijalankan akan berada di dalam Host Operating System atau yang juga dikenal sebagai Guest Operating System.

Kelebihan :

1. Layanan cloud VMware kaya akan fungsi yang bermanfaat, yang memainkan peran penting dalam virtualisasi.

2. Layanan Cloud yang Hemat Biaya VMware adalah software dengan harga terjangkau yang dapat dibeli dengan mudah oleh sebagian besar bisnis skala besar.

3. Kemudahan untuk Menghapus Mesin Virtual bisa Dimanfaatkan oleh Berbagai Pengguna Banyak pengguna memakai VMware untuk tujuan yang berbeda.

kekurangan :

1. Biaya perizinan yang tinggi. Alternatif hypervisor Hyper-V dan Xen yang lebih baik, 

2. Kurangnya dukungan dan beberapa bug saat digunakan bersama produk Oracle 


Sumber: goldenfast.net, 

Penulis: Juwita


Post a Comment

Previous Post Next Post