Sekarang ini, banyak website baik pemilik individu maupun kelompok. Tetapi tidak banyak orang yang mempunyai website yang aman karena dalam pembuatan website tidak mudah yang teman-teman pikirkan karena banyak hal yang harus di perhatikan salah satu nya tentang keamanan website tersebut. 

Jika dalam suatu Website yang aman pengunjung atau pembaca  mampu mendapatkan rasa nyaman dan kepercayaan. Dimana Secure Socket Layer (SSL) mengambil peran penting.

Apa sih itu Secure Socket Layer..?

SSL (Secure Socket Layer) adalah suatu protokol keamanan digunakan untuk mengamankan data dari pada dua device yang berbeda menggunakan sebuah enkripsi data SSL dapat mengamankan koneksi antara server dan client dan tidak ada pihak yang dapat melakukan hal-hal yang bersifat destruktif atau mengakses informasi yang bersifat sensitif.

Bagi yang mempunyai toko online melalui sebuah website maka SSL  (Secure Socket Layer) akan menjaga internet dari serangan kriminal dan juga harus memberikan manfaat untuk kalian dan juga pelanggan kalian. Sehingga kalian perlu tau apa itu manfaat menggunakan SSL pada website yang pertama yaitu, seperti sertifikat SSL dapat meningkatkan peringkat website kalian di google, kedua yaitu SSL itu harus menjaga informasi sensitif selama dalam proses pengiriman melalui internet secara dienkripsi, ketiga yaitu sertifikat SSL juga menyediakan otentikasi dan yang terakhir yaitu melindungi pencurian data dalam bentuk pemalsuan (phising).

Di sini kita liat ada beberapa keuntungan SSL (Secure Socket Layer) itu sangat penting untuk semua jenis website meskipun website tersebut tidak menjual produk atau jasa. Adapun keuntungan SSL yang bisa dirasakan oleh pemilik atau pengelola dan pengunjung website yaitu :

1. Melindungi Informasi Sensitif

Melindungi informasi yang bersifat sensitif yaitu seperti informasi pembayaran pelanggan, data karyawan ataupun informasi strategis lainnya. Maka sangat pentinglah untuk mengambil langkah-langkah pengamanan dan memastikan bahwa informasi tersebut tidak pernah memasuki akses publik.

2. Enkripsi dan Autentikasi

Enkripsi dan Autentikasi yaitu keamanan jaringan dan sangatlah dibutuhkan seperti pemakai komputer, pemakai jaringan juga dan memiliki harapan bahwa pesan yang mereka kirim akan sampai dengan benar di tujuan tanpa harus mengalami kesalahan pada saat diterima oleh penerima. Terlindung dari kehilangan, modifikasi dan observasi dalam perjalanannya dan memperoleh pelayanan yang handal.

3. Mempercepat Hasil SEO

Hasil SEO yaitu mungkin tidak secara langsung tapi menjadi salah satu pertimbangan mesin pencari dalam menentukan ranking di hasil pencarian. Saat ini, google sebagai salah satu mesin pencari terbesar sudah mengumumkan bahwa memiliki SSL menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan ranking di mesin pencari. 

4. Indikator Kepercayaan 

Indikator kepercayaan adalah hal penting terutama di dunia digital, dimana orang-orang yang datang pasti harus benar-benar yakin bahwa mereka adalah pilihan tepatnya. Dan untuk memperkuat keyakinan mereka pada kehadiran online,bpastikan mereka menggunakan SSL berbayar bukan SSL gratisan. Salah satunya yaitu indikator penggunaan SSL adalah ikon gembok yang ada di samping nama URL website.

Sumber : exabites.co.id

Penulis : Satria Ahmad Yadi

 

Post a Comment

Previous Post Next Post