usninfo - Tahukah kamu? di dalam sebuah komputer terdapat sebuah jaringan yang digunakan sebagai koneksi yang terjadi diantara satu komputer dengan komputer lainnya. Diantara banyaknya jenis jaringan komputer yang digunakan, salah satu yang paling sering di gunakan yaitu TCP/IP. Jaringan yang satu ini bisa dibilang sebagai jaringan yang paling banyak digunakan di dunia karena mempunyai banyak kelebihan. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar TCP!

Apa pengertian TCP?

TCP(Transmission Control Protocol) adalah sebuah Komponen inti dalam jaringan yang memiliki peran dalam pertukaran informasi. Mendengar kata TCP pasti kalian jga akan mendengarkan kata IP. Sebenarnya IP (Internet Protocol) dan TCP saling berkaitan dalam proses terjadinya sebuah pertukaran informasi melalui jaringan. TCP sendiri dirancang untuk mengirimkan data/informasi dan memastikan lewat jaringan, dan bisa dikatakan bahwa Transmission Control Protocol adalah sebuah inti dari Internet Protocol.


Apa fungsi TCP?

Selain sebagai jaringan yang mengkoneksikan antara komputer yang satu dengan yang lain, TCP juga mempunyai fungsi lain seperti berikut ini :

1. Mengirim dan menerima computer mailing

2. dapat melakukan pengiriman file yang terenskripsi

3. Melakukan remote execution

4. Melakukan fitur name server

5. Melakukan remote login pada komputer yang berbeda walaupaun dalam jarak jauh sekalipun

6. Mampu melakukan fitur Network File System


Bagaimana cara kerja TCP?

- Untuk memindahkan data antara dua komputer yang berbeda dimana dalam satu jaringan terdapat banyak komputer, maka dibutuhkan alamat dari tujuan dan perantara untuk memindahkan sinyal elektronik pembentuk data secara langsung. Pada saat itu internet akan menggunakan protokol untuk menjamin sampainya data tersebut di tempat tujuan.

- Pada saat pengguna mengirim teks atau file ke mesin lain, TCP akan mulai bekerja. Saat itu TCP akan membagi teks tersebut menjadi paket data yang lebih kecil, kemudian menambahkan beberapa informasi, sehingga komputer penerima bisa memastikan bahwa paket yang diterimanya tidak mengalami kerusakan sepanjang proses pengiriman. kemudian IP akan menambahkan  label yang berisikan informasi alamat pada paket tersebut.

- Pada saat deretan paket TCP/IP berjalan menuju tujuan, sebuah perangkat khusus yang di sebut Router dipasang di titik persimpangan antar jaringan dan memutuskan jalur mana yang paling efisien yang akan menjadi langkah selanjutnya dari sebuah paket. Router akan membantu Mengatur arus lalu lintas di internet dengan cara membagi beban sehingga mengurangi adanya kelebihan beban pada suatu bagian sistem yang ada.

- Saat paket TCP/IP tiba di tempat tujuannya, maka komputer akan membuka label alamat IP lalumenggunakan daftardaftar pengiriman yang ada pada paket TCP untuk memeriksa apakahada kerusakan paket yang terjadi pada saat proses pengiriman. Disaat penerima menemukan paket yang rusak komputer tersebut akan meminta komputer pengirim untuk memngirimkan salinan baru dari paket yang rusak.

- Kemudian paket khusus yang disebut Gateway memungkinkan beragam tipe jaringan yang ada di horizon elektronik untuk berkomunikasi dengan internet menggunakan TCP/IP.

- Bagi seorang pemakai internet akan hadir sebagai jaringan global raksasa yang sifatnya tidak terbatas, yang akan langsung merespon jika diminta. Nah, disinilah komputer, gateaway, router, dan protokol yang akan membuat ilusi ini akan bekerja.


Apa keunggulan dari TCP?

- Memiliki skema pengalamatan yang umum menyebabkan device yang menggunakan TCP  dapat menghubungi alamat device-device yang lain di seluruh jaringan, bahkan internet sekalipun.

- Kualitas yang diberikan yaitu High Level Protocol Standar, yakni dapat melayani user secara luas.

- Sifatnya yang Open Protocol Standard, yaitu tersedia secara bebas dan dikembangkan independen terhadap komputer hardware atau sistem operasi apapun. halmini terjadi karena adanya dukungan secara meluas, dan TCP sangat baik dalam menyatukan bermacam hardware dan software, meskipun tidak berkomunikasi melalui internet.

- Independen dari Physical Network Hardware. Artinya TCP dapat mengintegrasikan bermacam-macam jaringan, baik melalui ethernet, token ring, dial-up, dan media transmisi fisik lainnya.


Nah, itulah tadi pembahasan seputar Transmission Control Protocol dari segi pengertian, fungsi dan cara kerja, serta keunggulan-keunggulan yang di miliki. 


Penulis : Amar Muarif

Post a Comment

Previous Post Next Post