usninfo- Siapa sih yang tidak tahu sayuran sawi? Sebenarnya sawi ini ada dua macam yaitu sawi hijau dan sawi putih. Namun, tetapi yang akan dibahas hanya mengenai manfaat sawi hijau. Sayur sawi hijau ini dapat dibuat menjadi berbagai masakan, seperti tumisan, sayur berkuah, digoreng, dan menjadi topping pada mie ayam. Selain dari sayuran sawi hijau terang, maka sayuran ini juga memiliki warna lain yaitu putih kehijauan dan hijau gelap. 

Sayur sawi hijau ini tentunya ada beberapa orang yang tidak terlalu suka atau bahkan tidak suka mengkonsumsi sawi hijau karena rasanya pahit atau baunya yang khas. Padahal, sawi hijau ini memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Coba kita liat apa sih manfaat sayur sawi hijau ini.? Manfaatnya sayur sawi hijau yaitu :

1. Membantu Menjaga Kesehatan Tubuh. 

Sayur sawi hijau ini akan membantu kita untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung pada tubuh kita, dan sayur sawi hijau akan memberikan kita perlindungan pada organ jantung. 

2. Menurunkan Kolesterol. 

Sayur sawi hijau bisa juga mencegah terjadinya reabsorbsi asam empendu dan juga dengan menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sayur sawi hijau ini bisa dikonsumsi dengan cara dikukus supaya memberikan kita manfaat untuk menurunkan kolesterol darah. 

3. Meringankan Gangguan Pernapasan. 

Sayur sawi hijau memiliki kandungan vitamin C, dan sayuran ini juga bisa membantu kita untuk meringankan risiko terserang penyakit asma. 

4. Mengandung Efek Antikanker

Sayuran sawi hijau ini bisa membantu kita supaya mencegah terbentuknya sel kanker. 

5. Membantu Mengobati Psoriasis. 

Psioriasis merupakan peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit mudah terkelupas, kulit menebal dan kadang juga terasa gatal. Sehingga dapat diobati dengan sayur sawi hijau karena sayuran itulah memberikan manfaat. 

6. Detoksifikasi Yang Baik. 

Detoksifikasi merupakan proses normal dari tubuh untuk membuang atau menetralkan racun melalui hati, usus besar, ginjal, paru-paru dan kulit. Detoksifikasi ini sangat penting untuk membantu membersihkan racun dari dalam tubuh, dan sayur sawi hijau pun juga bisa membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. 

Sumber : halodoc.com

Penulis : St. Rahmayanti. A

Post a Comment

Previous Post Next Post