Susu merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh setiap orang di segala usia. Susu mengandung beragam nutrisi penting yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.


Berikut ini adalah manfaat minum susu:


1. Tidak Semua Susu Membuat Anda Gemuk

Jangan beranggapan dengan minum susu tubuh Anda akan cepat gemuk. Ada berbagai macam susu yang beredar di pasaran. Telitilah membaca label kandungan nutrisi yang tertera pada kotak kemasan susu yang akan Anda beli. Bagi Anda yang takut gemuk tapi masih ingin mendapatkan vitamin dan mineral dari susu, Anda bisa memilih susu dengan kandungan gula dan lemak rendah.


2. Baik Untuk Pertumbuhan Gigi & Tulang

Susu memiliki banyak nutrisi penting yang dapat menunjang pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut yang baik. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, namun demikian juga pada orang dewasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko osteoporosis.

 3.Menjaga Berat Badan

Ketika sedang dalam program diet banyak orang meninggalkan minum susu. Namun ternyata dalam penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi susu rendah lemak dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu. 

4. Mengurangi Efek PMS

Bagi Anda para wanita yang sering mengalami keluhan ketika siklus menstruasi akan datang, cobalah untuk membiasakan konsumsi makanan berkalsium tinggi, contohnya seperti susu. Kalsium memegang peranan penting dalam mengurangi efek PMS yang

berlebihan. 

5.Menetralisir Racun

Peranan susu lainnya dapat menetralisir racun didalam tubuh. Contohnya yaitu membersihkan paru-paru dari polusi udara. Kemudian membantu tubuh membuang racun akibat berbagai macam polusi yang terserap oleh tubuh melalui kulit, terutama mereka yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat vitamin A dan vitamin B12 dalam susu tidak hanya untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin ini juga berperan terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh dan otak.


Sumber : malbekasi.com


Penulis : Nur aqiwa

Post a Comment

Previous Post Next Post