usninfo- Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menggantikan konsumsi nasi. Kacang hijau juga termasuk sumber protein, vitamin, serta mineral terbaik di antara kacang-kacangan sejenisnya. 

Kacang hijau ini masuk dalam jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Kacang hijau juga bisa diolah menjadi makanan sehat dan bergizi. Ada banyak macam olahan kacang hijau yang paling sering ditemui yaitu dalam bentuk bubur, isian bakpao, bakpia hingga minuman. 

Dalam satu kali penyajian olahan kacang hijau sebanyak 202 gram terdapat sekitar 200 kalori, 30 gram karbohidrat, 16 gram serat dan 0,7 gram lemak serta 15 gram protein yang merupakan manfaat kacang hijau. Selain itu, terdapat nutrisi mikro yang terdiri dari folat, magnesium, fosfor serta vitamin B1 yang baik untuk tubuh. Tak hanya itu, kacang hijau juga mengandung potasium, zat besi dan kalsium. Kandungan dan manfaat kacang hijau yang baik untuk tubuh dapat menunjang kesehatan dan pertumbuhan anak. 

Kacang hijau mempunyai manfaat yaitu sebagai berikut :

1. Sumber Mineral.  

Sumber mineral yang terdapat pada kacang hijau adalah kalsium dan juga fosfor. Keduanya sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Bagi mereka yang tengah menjalani program diet, kacang hijau patut dimasukkan dalam menu harian Anda. Kadar lemaknya yang rendah membuat semua makanan atau minuman olahan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah tengik dan tak bikin berat badan melonjak naik.

2. Kaya Serat. 

Kacang hijau juga merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat juga untuk menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

3. Kaya Protein. 

Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki asam amino yang lengkap dan dapat diserap oleh tubuh lebih cepat sehingga Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu kalian kenyang lebih lama.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung. 

Kacang hijau ini memiliki banyak manfaat terutama baik untuk kesehatan jantung, kalian harus mengonsumsi kacang hijau secara teratur untuk membantu kalian supaya menurunkan kadar kolestrol. 

5. Memiliki Efek Detoksifikasi.

Kandungan protein, tanin, dan flavonoid dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk membersihkan racun-racun di dalam tubuh, seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan.

Untuk kalian yang sedang upaya menurunkan berat badan ke angka ideal, maka kalian bisa coba masukan kacang hijau ke dalam menu harian. Serat yang terdapat dalam kacang hijau juga dapat membuat kalian merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kalian jadi tidak ingin makan banyak sehingga akan membantu menurunkan berat badan. Namun tetapi jika kalian buat bubur kacang hijau, sebaiknya hanya gunakan sedikit gula, atau gunakan alternatif lain yang lebih sehat dan rendah gula supaya rencana diet kamu berhasil. 

Sumber : dinkes-kotakupang.web.id

Penulis : St. Rahmayanti. A

Post a Comment

Previous Post Next Post