Usninfo-Setiap negara pasti memiliki permasalahan yang masing-masing terutama dari sektor ekonomi salah satu masalah ekonomi yang dibilang sulit dihindari adalah peristiwa deflasi. Fenomena deflasi ini bisa terbilang menguntungkan bagi masyarakat tetapi justru merugikan bagi pemilik usaha bahkan negara. Mengapa demikian?Berikut ini adalah penjelasan deflasi.

Definisi deflasi

Deflasi adalah istilah yang ada di dalam dunia perekonomian. Deflasi adalah sebuah kondisi dimana negara akan mendapatkan sebuah keuntungan tetapi juga mendapatkan sebuah kerugian. Kerugian tersebut terus terjadi apabila   deflasi semakin tidak bisa dikendalikan.

Kemudian penyebab terjadinya deflasi yaitu jumlah uang yang beredar di masyarakat sedikit atau menurun. Menurunnya permintaan terhadap barang atau jasa. Tingkat penawaran lebih besar, sehingga hasil produksi sama.


Jenis - jenis deflasi

Secara umum jenis-jenis deflasi dibagi menjadi dua bagian yaitu deflasi strategis dan deflasi sirkulasi.penjelasan dari kedua jenis deflasi adalah sebagai berikut.

1. Deflasi strategis

    Deflasi strategis itu adalah deflasi yang   timbul akibat adanya sebuah penetapan kebijakan. Kebijakan  tersebut mengenai pengendalian gejala-gejala konsumsi yang berlebihan. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut terjadi tidak dapat menekan angka konsumsi yang berlebihan pada masyarakat. Akibatnya, justru akan menyebabkan penurunan harga. penurunan harga justru semakin meningkat konsumsi dan masyarakat.

Salah satu penyebab dari terjadinya deflasi strategis karena ada kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah selain itu kebijakan yang dikeluarkan oleh bank sentral juga menjadi salah satu penyebab deflasi. Banyak sekali negara yang mengalami deflasi yang diakibatkan dari kebijakan bank sentralnya yang mengatur perekonomian di dalam negara tersebut.


2. Deflasi sirkulasi

     Deflasi ini dapat disebabkan karena kondisi yang tidak stabil di dalam sebuah kondisi perekonomian. deflasi ini akan berlangsung dalam transaksi kondisi ekonomi yang stabil menuju ekonomi merosot.

Nah itu akan membuat kondisi menjadi meresahkan. Deflasi sirkulasi akan muncul karena konsumsi serta daya produksi yang ada di dalam negara tidak menunjukkan sebuah keseimbangan. hal itu akan menyebabkan harga-harga produk mengalami penurunan.

Penurunan harga terjadi di pasaran pada resesi ekonomi. Kondisi seperti ini diawali dengan adanya penurunan secara signifikan pada kebutuhan masyarakat oleh barang ekonomis yang dapat menimbulkan harga menjadi turun secara drastis.

Salah satu yang menyebabkan hal ini terjadi karena produksi barang yang sama dalam jumlah yang cukup berlebihan contohnya seperti yang terjadi pada tahun 2008. banyak negara-negara memproduksi minyak mentah dengan berlebihan. hal itu menyebabkan harga minyak menjadi turun secara drastis.  Bahkan tidak dapat dikendalikan hal itu kemudian membuat banyak negara mengalami deflasi akibat minyak tersebut.


Penyebab deflasi
Hal-hal yang memicu terjadinya deflasi adalah sebagai berikut:

1. Banyaknya hasil produksi yang serupa

2. Permintaan hasil produksi menurun

3. Jumlah uang yang beredar menurun

4. Persediaan barang yang ditawarkan mengalami peningkatan


Dampak positif dan negatif deflasi

Dampak positif deflasi:

1. Menguatkan nilai mata uang

2. timbulnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menabung untuk memenuhi kebutuhan di masa depan

3. konsumen cenderung lebih berhemat dalam berbelanja.


Dampak negatif deflasi:

1. Menurunnya pendapatan bisnis

2. PHK besar-besaran

3. UMR dapat menurun

4. investasi dan harga saham akan menurun.


Cara mengatasi deflasi
Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk dapat mengatasi terjadinya deflasi yang mengganggu perekonomian negara seperti:
1. Politis diskonto
   Bank sentral dapat menerapkan kebijakan moneter berupa politik diskonto supaya peredaran uang di masyarakat juga meningkat. Politik diskonto ini adalah kebijakan bank sentral dalam menurunkan suku bunga bank sehingga masyarakat yang menabung di bank menarik uangnya.

2. Kebijakan fiskal

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang harus dilakukan oleh pemerintah dengan cara membuat strategi dan penerapan supaya kondisi perekonomian negara kembali stabil salah satu contohnya dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran negara.

3. Kebijakan non-moneter

Kebijakan ini adalah kebijakan yang terjadi secara alami karena masyarakat yang berperan dalam menghentikan deflasi misalnya adalah ketika upah  minimum tenaga kerja dinaikkan, nilai pajak diturunkan, dan para pemilik usaha mempunyai inovasi yang menarik bagi masyarakat.


Demikian penjelasan mengenai pengertian deflasi beserta contoh, jenis-jenis, penyebab, dampak positif dan negatif, dan cara mengatasi deflasi.

sumber : kamus.tokopedia.com, gramedia.com dansampoernauniversity.ac.id

penulis : Nur Aqiwa

Post a Comment

Previous Post Next Post