usninfo
- Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan terdapat sejumlah manfaat olahraga bagi tubuh jika dilakukan secara rutin dan teratur. 

Salah satu manfaat olahraga yakni untuk meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan, mencegah penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.  serta meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. Salah satu jenis olahraga sederhana yang aman dilakukan oleh kebanyakan orang antara lain jalan cepat maupun aerobik dengan intensitas sedang. 

Lima manfaat olahraga di bawah ini, yang terkadang dilupakan atau disepelekan yaitu sebagai berikut :

1. Membuat Kulit Sehat

Olahraga itu meningkatkan kesehatan kulit adalah dengan cara meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi itu melebarkan pembuluh darah yang membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk mendukung sel-sel kulit. Tidak hanya membawa oksigen dan nutrisi, sirkulasi yang baik membantu membuang zat beracun, radikal bebas, dan produk sampingan sel dari dalam tubuh. 

Meskipun ada klaim yang berpendapat bahwa pekerjaan menetralkan racun sebagian besar dikerjakan oleh hati, tapi dengan meningkatkan aliran darah, olahraga membantu mengeluarkan puing-puing sel dari sistem, sehingga hal bisa dianggap sebagai proses membersihkan kulit dari dalam.

2. Baik Untuk Otak dan Memori

Manfaat olahraga untuk kesehatan otak adalah dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan berpikir secara langsung maupun tidak langsung. Aktivitas fisik dapat membantu tubuh untuk merangsang perubahan fisiologis, seperti penurunan resistensi insulin dan peradangan.

Olahraga juga dapat membuat ingatan menjadi lebih baik jika dilakukan secara rutin. Banyak penelitian yang membuktikan jika bagian otak yang mengontrol pikiran dan ingatan memiliki volume yang lebih besar pada seseorang yang rutin berolahraga, dibandingkan yang tidak.

3. Membantu Relaksasi

Salah satu hal yang dilakukan untuk relaksasi setelah olahraga adalah meditasi. Kegiatan tersebut dapat menjadi kebiasaan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Meditasi juga dapat membantu kalian untuk menjaga keseimbangan, menurunkan tekanan darah, dan membantu pemulihan.

Setelah melakukan aktivitas intens, duduk dan bermeditasi dapat mengembalikan tubuh ke semula dan mengurangi stres pada sendi dan otot. Meditasi juga dapat membuat pernapasan menjadi sehat, sebab pernapasan penting untuk seseorang yang telah melakukan olahraga berat.

4. Lebih Bahagia

Olahraga bukan hanya bisa meningkatkan kekuatan, kesehatan dan kebugaran tubuh namun juga membuat diri sendiri bahagia. Banyak orang mungkin tidak menyadarinya, tapi ternyata ada keterkaitan kuat antara kebiasaan olahraga dan kebahagiaan diri sendiri. 

5. Menambah Energi

Makanan penambah energi sebelum olahraga yang paling baik adalah makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak. Ini karena ketiga nutrisi tersebut mampu membantu tubuh bekerja maksimal dan pulih lebih lebih cepat setiap kali kalian berolahraga.

Kemudian, selain jenis dan nutrisi makanannya, kamu juga perlu memperhatikan jeda waktu makan sebelum berolahraga. Sebaiknya, makanlah 1–3 jam sebelum berolahraga, karena bila jarak waktu makan dan berolahraga terlalu dekat, kamu bisa mengalami masalah pencernaan, seperti mual dan sakit perut.

Sumber : www.prudential.co.id

Penulis : Satria Ahmad Yadi

 

Post a Comment

Previous Post Next Post