Usninfo- Pengembangan tentang teknologi informasi ini telah mengalami konvergensi perpaduan. Konvergensi antara ketiganya melahirkan inovasi-inovasi teknologi, produk dan layanan teknologi informasi yang baru, seperti internet, telepon seluler ponsel dan personal Digital Assistant PDA dengan aplikasi-aplikasi lainnya.

Sistem terdistribusi terdiri dari sistem dan terdistribusi, jadi sistem memiliki arti yaitu satu kesatuan yang saling berinteraksi atau saling terhubung Yang intinya memiliki tujuan yang sama atau tujuan yang spesifikasi, kalau terdistribusi sendiri dapat dikatakan sebagai penyebaran kepada bagian-bagian yang lebih banyak lagi. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem Terdistribusi ini melakukan suatu kegiatan yang segnifikan dimana dikerjakan oleh distribusi. Contohnya seperti 100 leptop, dan memiliki 1 kegiatan maka kegiatan tersebut akan dibagi-bagi datanya kedalam 100 leptop dan dikerjakan secara bersamaan. Jadi kesatuan ini saling berhubung atau bekerjasama untuk bertujuan menyebarkan data atau menyebarkan informasi dalam suatu jaringan komputer.

Dalam sistem terdistribusi prosesor yang dimiliki bervariasi, dapat berupa small microprocessor, workstation, minicomputer, dan lain sebagainya. Sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang membedakan antara jaringan komputer yang merupakan dasar dari konsep sistem terdistribusi dengan sistem terdistribusi itu sendiri yaitu komputer otonom yang secara eksplisit terlihat, sedangkan pada sistem terdistribusi komputer otonom transparan dan juga memiliki lebih banyak masalah dibanding dengan jaringan komputer. 

Fungsi utama untuk membangun sistem terdistribusi : 

-Computation Speedup, Jika sebuah komputasi dapat dipartisi menjadi beberapa subkomputasi yang berjalan bersamaan, maka sistem terdistribusi akan mendistribusikan subkomputasi tersebut ke situs-situs dalam sistem. Dengan demikian, hal ini meningkatkan kecepatan komputasi (computation speedup).

-Communication, Ketika banyak situs saling terhubung melalui jaringan komunikasi, user dari situs-situs yang berbeda dan dimana tiap user mempunyai kesempatan untuk dapat bertukar informasi. 

-Resource Sharing, Dalam suatu sistem terdistribusi, dalam situs-situs yang berbeda saling terhubung satu sama lain dengan melalui sebuah jaringan sehingga situs yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat di dalam situs lain. Misalnya, user di situs A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki situs B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di situs A. 

-Reliability Dalam sistem terdistribusi, apabila sebuah situs mengalami kegagalan, maka situs yang tersisa dapat melanjutkan operasi yang sedang berjalan. Hal ini menyebabkan reliabilitas sistem menjadi lebih baik.

Penulis : Satria Ahmad Yadi 



Post a Comment

Previous Post Next Post