Kolaka- Sarjana Sistem Informasi (SI) adalah lulusan perguruan tinggi yang dididik untuk bisa memperbaiki masalah teknis serta mengawasi pengumpulan dan pengolahan data. Selain itu, lulusan sistem informasi belajar untuk menjadi komunikator yang baik. Karena kemungkinan mereka juga bisa bekerja dengan tugas membantu orang yang kurang paham teknologi.

Lulusan ini juga dididik untuk bisa memecahkan masalah teknologi dan menghasilkan solusi berbasis teknologi dalam dunia bisnis. Seperti yang diketahui banyak orang e-commerce semakin berkembang juga berkat andil para lulusan sistem informasi.

Para mahasiswa sistem informasi juga dipersiapkan untuk karir yang memerlukan kecakapan berpikir analitis. Beberapa diantaranya lulusan jurusan ini dirancang untuk menghasilkan seseorang dengan keterampilan teknis dan manajerial dalam pengembangan aplikasi bisnis.

Selain itu beberapa prospek kerja lulusan sistem informasi yang lain adalah:

1. Application Engineer

Sebagai seorang application engineer yang profesional, kamu harus memiliki beberapa sertifikat, yaitu Microsoft Certification Application Developer (MCAD), Sun Certified Architect, Oracle Certified DBA Master.

Nantinya, kamu akan bertugas untuk dapat berkoordinasi dengan klien untuk merancang dan menyediakan peningkatan sistem dalam perusahaan mereka. Tidak hanya itu, nantinya kamu juga harus memantau sistem sehingga tahu bagaimana mengembangkannya.

2. Konsultan IT

Seorang konsultan IT akan berperan sebagai penghubung antara staff perusahaan dengan klien. Dengan begitu, kebutuhan mengenai keterbaruan sistem informasi akan diketahui untuk kemudian diterapkan oleh klien.

Sebagai seorang konsultan IT tentu saja kamu harus memiliki kredibilitas yang tinggi. Biasanya, penunjang kredibilitas tersebut dibuktikan dengan sertifikasinya. Konsultan IT harus memiliki beberapa sertifikasi, seperti Cisco Certified Internetwork Expert, Cisco Certified Network Professional , Microsoft Certified Systems Engineer, hingga CompTIA Security+.

3. UI/UX Developer

UI/UX developer akan bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna dalam mengakses website atau aplikasi. Peran ini lebih mengedepankan konsep yang menarik sehingga bisa memberikan kesan yang terbaik kepada pengguna.

4. Programmer (Software Developer)

Dikarenakan Sistem Informasi memiliki ketersinggungan materi pembelajaran yang begitu dekat, lulusan jurusan ini juga memiliki pengetahuan tentang Teknik Informatika.

Rasa penasaran seorang mahasiswa biasanya begitu tinggi dan bisa belajar mengetahui peran yang berkaitan dengan jurusan yang dipelajari. Nah, tidak jarang, lulusan Jurusan Sistem Informasi juga ada yang menguasai bahasa pemrograman.

5. Dosen

Dosen menjadi profesi yang selalu menjadi pilihan terbaik. Selain karena memiliki karier yang menjanjikan, dosen juga merupakan profesi yang banyak digemari oleh seseorang dengan peminatan riset dan pengajaran.

Salah satu prospek kerja Sistem Informasi adalah menjadi dosen dengan bidang pengajaran yang serupa. Namun, kamu tentu saja harus mendapatkan sertifikasi pendidik setelah kamu juga menyelesaikan pendidikan di jenjang magister.

6. Staf Ahli Informasi Medis (Rekam Medis)

Kamu nantinya memiliki tanggung jawab untuk menghimpun database rekam medis di suatu rumah sakit. Peran ini sangat penting bagi sebuah rumah sakit karena semua data pasien bisa digunakan untuk nantinya dijadikan penelitian keberlanjutan loh.

7. Digital Marketing

Seorang digital marketing tidak hanya harus mengetahui tentang perilaku konsumen, tetapi juga bagaimana pengaturan sistem pemasaran dengan baik. Skala kerja digital marketing begitu luas karena target keberhasilan peran ini adalah peningkatan pemasaran perusahaan.

8. Research And Development(RnD)



Peran RnD selalu dibutuhkan untuk semua perusahaan, terlebih perusahaan yang harus selalu mengembangkan suatu produk. Karena Jurusan Sistem Informasi memiliki pengetahuan luas mengenai analisis sistem informasi yang mendalam, kamu bisa menempati posisi ini dengan mudah.

Sumber: www.kitalulus.com


Penulis: Selviani







Post a Comment

Previous Post Next Post