Jika kalian mendengar kata Sulawesi atau mungkin ada yang pernah berkunjung ke Pulau Sulawesi tentunya kalian tidak akan asing dengan Suku Bugis karena Suku Bugis merupakan salah satu suku yang terkenal di daerah Sulawesi khususnya Sulawesi Selatan.

Untuk mengenal Suku Bugis lebih dalam perlu kita ketahui apa yang menjadi ciri khasnya. Salah satu ciri khasnya yang akan dibahas pada artikel ini yaitu Rumah Adat Suku Bugis.

Rumah adat Suku Bugis memiliki keunikan tersendiri dan menarik perhatian para wisatawan yang sedang berkunjung. Konsep yang digunakan rumah adat Bugis yaitu rumah panggung dan terdapat karakteristik khusus yang membuatnya berbeda dari yang lain. Yakni keberadaan atap yang bentuknya mirip pelana. Tak hanya itu, terdapat pula timpalaja dalam jumlah tertentu.

Timpalaja adalah bidang berbentuk seigita yang berada di antara dinding dan pertemuan atap. Oleh anggota suku Bugis, jumlah timpalaja yang digunakan dalam sebuah rumah menandakan status sosial penghuninya. 

Hal menarik lainnya yaitu rumah adat Bugis memiliki tiga bagian yang terinspirasi dari tubuh manusia.Bagian-bagian tersebut terdiri dari :

1. Awa Bola

Bagian kolong rumah atau kaki merupakan bagian paling bawah rumah.

2. Ale Bola

Bagian rumah yang terdiri atas dinding dan lantai. Bagian ini terletak di antara lantai dan loteng.

3. Botting Langi 

Bagian rumah paling atas, yang terdiri dari loteng dan atap rumah.

Setiap ruangan juga memiliki fungsi yang bermacam-macam. Ruangan tersebut juga terbagi menjadi 3 yaitu:

•Ruang depan (Lontang Risaliweng) berfungsi untuk menerima tamu, tempat tidur tamu, tempat musyawarah, dan kegiatan lain yang sifatnya umum.

•Ruang tengah (Lontang Ritengnga): fungsinya untuk tempat tidur kepala keluarga beserta istri, tempat tidur anak yang belum dewasa, dan ruang makan.

•Ruang berlakang (Lontang Rilaleng): berfungsi untuk tempat tidur lansia dan gadis remaja.

Selain tiga ruangan tersebut ada lagi tambahan ruangan yaitu ruang dapur.

Rumah panggung masyarakat Bugis dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan status sosial penghuninya. Rumah Saoraja atau Sallasa adalah rumah besar untuk keturunan raja atau kaum bangsawan, sedangkan rumah yang ditempati masyarakat biasa disebut Bola.

Semoga informasi yang kami sajikan dapat membantu Anda mengenal Rumah Adat Suku Bugis lebih dekat lagi.


Sumber: katadata.co.id, www.detik.com

Penulis: Selviani 

Post a Comment

Previous Post Next Post