Apakah kalian sudah tau apa itu VPS Hosting?

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, yaitu salah satu layanan web hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resourse khusus (pribadi) di server meskipun digunakan oleh lebih dari satu user. Tipe ini merupakan tipe yang lebih aman dan stabil. User VPS hosting adalah para web owner yang situsnya sudah memperoleh traffic melebihi limit paket shared hosting, tapi masih belum membutuhkan resource dari server khusus. 

Bagaimana cara kerja VPS Hosting? 

Servernya adalah komputer, Kegunaan VPS hosting adalah menyediakan server virtual yang meniru server fisik meskipun dalam kenyataannya server tersebut terbagi antara beberapa user.

Kelebihan

1. Layanan yang mudah di-scale. Seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya website, Anda bisa dengan mudah mengupgrade resource server (RAM, CPU, disk space, bandwidth, dan lain-lain).

2. Privasi lebih terjamin sebagaimana file dan database tersimpan serta tersembunyi dari user server lain.

3. Jaminan resource server, seperti memori atau processing power, sehingga fluktuasi pada resource yang tersedia berkurang bahkan tidak ada.

4. Lebih cepat dan andal daripada server shared hosting.

5. Anda memperoleh akses superuser (root) ke server.

6. Masalah terkait website dan traffic yang terjadi di user lain tidak memengaruhi situs Anda.

Kekurangan

1. Pengaturan server yang salah akan berisiko tinggi terhadap keamanan. 

2. Lebih mahal daripada shared hosting

3. Mengharuskan Anda untuk memiliki pemahaman teknis yang lebih agar dapat mengelola server.

Apa itu VPS Hosting?

VPS Hosting yaitu VPS yang memberi akses ke guaranteed resource serta kendali penuh tanpa Anda harus mengelola server sendiri. Hosting ini merupakan pilihan terbaik bagi website medium hingga website dengan traffic tinggi, website yang membutuhkan resource besar, dan website eCommerce. Dan bisnis online yang memang mengincar keuntungan yang meningkat drastis juga bisa memanfaatkan kestabilan dari layanan hosting ini.


Sumber : hostinger.co.id 

Penulis : Juwita


Post a Comment

Previous Post Next Post