Pengertian UDP dan TCP 
UDP merupakan jenis protokol yang memiliki karakteristik connectionless atau tidak berbasis koneksi. Sedangkan TCP adalah kebalikannya, yaitu berbasis koneksi. 

Cara kerja TCP dan UDP

UDP bekerja secara tidak berurutan, sehingga file yang dikirim secara bersamaan tidak bisa diprediksi kapan yang sampai pertama kali. Sementara itu, TCP bekerja dengan cara mengirimkan data secara berurutan. Misalnya, Anda ingin mengirimkan file A-Z. Sistem TCP memungkinkan, Anda menerima file A-Z secara berurutan.

Ketika anda mengirim data untuk kebutuhan pribadi atau bisnis, tidak perlu khawatir penerima data mendapatkan data yang rusak, karena TCP memiliki sistem keunikan Yang memungkinkan Data sampai secara utuh meskipun di tengah-tengah hubungan server terputus. Sedangkan
UDP berkonotasi pada kecepatan Data yang dikirim tidak bisa dipastikan sudah terkirim dengan utuh atau tidak. Anda mungkin akan merasa kecewa ketika mencoba mengirimkan data melalui UDP.

Perbedaan UDP dan TCP
yaitu penggunaan Port Pengguna TCP akan menerima port dengan 16-bit dan semuanya adalah bilangan bulat Dan angka yang di gunakan berbeda dan unik. Sedangkan UDP 3 jenis Port, penggunaan bebas memilih menggunakan port tipe apa. Entah port terdaftar, terkenal dan Ephemeral dan juga memiliki karakter angka yang unik.

Kemudahan dalam menggunakan TCP dan UDP yaitu, Pada dasar nya TCP di operasikan jauh lebih mudah Karena TCP memiliki karakter unik yang mampu menyesuaikan kebutuhan pengguna saat berencana mengirimkan data. Sedangkan UDP justru memberikan pekerjaan baru bagi penggunanya. Karena pada saat transfer data, ada data yang belum terkirim 

Sumber: 1.baktikominfo.id 
2. qwords.com 

Penulis : Juwita

Post a Comment

Previous Post Next Post