Cengkih adalah kandungan antioksidan. Mengonsumsi cengkih dapat membantu mengurangi risiko dan cengkih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan untuk penguat rasa atau penambah aroma. Cengkih juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat cengkih bagi kesehatan tubuh yaitu sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan mata

Cengkih adalah sumber beta karoten yang baik untuk semua tubuh, pigmen karoten pada buah cengkih adalah antioksidan. Pigmen karoten juga dapat menjadi vitamin A dan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. 

2.Mengurangi peradangan

Cengkih adalah senyawa yang terkait dengan sifat anti-inflamasi. Peradangan juga dapat mengurangi risiko penyakit seperti radang sendi dan membantu mengelola gejala peradangan. 

3. Membunuh bakteri

Cengkih yaitu dapat membantu juga menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Cengkih juga dapat membunuh tiga jenis bakteri umum, termasuk E. coli, yang merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Berkumur dengan obat kumur herbal yang mengandung cengkih dan dapat juga meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi jumlah bakteri penyebab plak dalam mulut. 

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang rendah dapat menyebabkan masalah osteoprosis yang dapat memicu risiko patah tulang. 

5. Meningkatkan kesehatan hati

Kandungan pada cengkih yaitu dapat meningkatkan fungsi hati serta mengurangi stres oksidatif. 

6.Mencengah bisul dalam perut

Cengkih dapat membantu melindungi perut dari bisul. Dan bisul juga dapat disebabkan oleh penipisan lapisan lendir yang melindungi lapisan perut. Cengkih dapat mengentalkan lendir pada lapisan perut dan membantu juga menurunkan risiko terkena bisul serta menyembuhkan bisul yang ada.

7. Menghambat radikal bebas

Eugenol pada cengkih juga merupakan sumber antioksidan yang kuat. Antioksidan juga membantu tubuh untuk melawan radikal bebas, yang merusak sel-sel dan dapat menyebabkan penyakit. 

Sumber : www.halodoc.com

Penulis : St. Rahmayanti. A

Post a Comment

Previous Post Next Post