Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang wajib ada di dapur.  Umumnya, bawang putih digunakan sebagai bumbu untuk menambah nikmat dan gurih makanan.  Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur. Bawang putih juga bermanfaat sebagai obat herbal yang bisa menumpas banyak penyakit. 

Ada Beberapa Manfaat Bawang Putih : 

1. Pilek

Melansir dari buku berjudul Khasiat & Manfaat Madu Herbal, karya dr. Adji Suranto, SpA, bawang putih yang dicampur madu efektif mengobati pilek.   Untuk merasakan manfaatnya Anda cukup haluskan tiga sampai empat siung bawang putih. Anda haluskan sampai halus lalu tambahkan madu 450 gram secara sedikit demi sedikit.

2. Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Untuk Anda yang enggan minum obat kimia, bawang putih bisa jadi solusi mengobati asam urat

3.Menurunkan Berat Badan

Bawang putih mengandung kalium yang bermanfaat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. 

4. Keputihan 

Untuk mengobati keputihan dengan bawang putih cukup mudah. Anda cukup makan bawnag putih mentah maksimal tiga siung saban hari. 

5. Menurunkan Kadar Kolestrol

Bawang putih mengandung alisin yang bermanfaat meluruhkan kolesterol dan lemak dalam tubuh.  Selain bisa menurunkan kolesterol, bawang putih juga bisa menurunkan berat badan. 

6. Mengurangi Gejala Diabetes Miletus

wang putih mengandung antioksidan yang berperan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.  Untuk Anda penderita diabetes melitus alias kencing manis, bawang putih bisa mengurangi gejala penyakit Anda. 

7. Mimisan

Mengutip dari buku berjudul Khasiat & Manfaat Bawang Putih: Raja Antibiotik alam, karya Iyam Siti Syamsiah, bawang putih bisa menghentikan mimisan.  Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup tumbuk halus lima siung bawang putih. Kemudian Anda tempelkan di telapak kaki berlawanan dengan lubang hidung yang mengeluarkan darah. 

8. Disentri

Bawang putih juga efektif mengobati disentri. Anda cukup menumbuk 10 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian Anda rendam tumbukan bawang putih ke tiga gelas air hangat selama enam jam.  Setelah itu, Anda bagi menjadi tiga sama rata dan minum tiga kali sehari. 

Penulis : Juwita


Post a Comment

Previous Post Next Post