Kolaka - Kondisi Pasar Raya Mekongga di Kelurahan Lamokato, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, kini nampak kumuh dan tak terurus, terutama pada saat musim penghujan. (29 Agustus 2022)


Kurangnya perhatian dan kesadaran dari pihak Pemerintah terhadap kondisi di Pasar Raya Mekongga tentunya akan memberikan dampak negatif bagi masyarakat yg sedang melakukan transaksi jual beli.


Kurangnya penerapan gaya hidup sehat dapat di lihat dari banyaknya sampah-sampah yang berserakan di setiap sudut pasar. Selain menimbulkan aroma yang tak sedap bagi pengunjung pasar, kuman dan bakteri berkembang biak dapat mencemari dagangan para pedagang yang akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan para pengunjung pasar terutama pada anak-anak.


Selain itu, kurangnya fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah setempat, seperti tempat penampungan sampah, dan juga akses jalan yang sudah rusak parah serta saluran pembuangan air yang sudah tak layak, yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan yang di akibatkan oleh sampah dan akhirnya tergenang, sehingga dapat menjadi tempat berkembang biaknya penyakit.



Sangat di sayangkan tentunya, dimana Pasar Raya Mekongga yang merupakan pasar rakyat terbesar di daerah kolaka, malah mendapatkan perhatian yang kurang dari Pemerintah setempat. Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penerapan gaya hidup sehat, diharapkan kepada pihak Pemerintah kolaka yang sekarang atau kedepannya, agar lebih memperhatikan kesehatan serta kelayakan fasilitas yang diberikan kepada masyarakatnya.


Penulis : Amar Muarif

Post a Comment

Previous Post Next Post