Kolaka- Keadaan pasar Raya Mekongga saat ini yaitu jalan yang becek yang di sebabkan oleh hujan dan banyak nya sampah yang berserakan di selokan, di pinggir jalan menuju ke dalam pasar, dan di tempat yang terakhir di penjualan sayur. Letak Pasar Raya Mekongga di Kelurahan Lamokato, kecamatan Kolaka Senin (29/8/2022).

Banyaknya sampah yang berserakan itu di karena kan kurang nya kesadaran masyarakat untuk membersihkan sampah tersebut, dan juga kesadaran diri bahwa membuang sampah di sembarang tempat dapat menyebabktan bau busuk, dan sebagai tempat sarang nyamuk dan lalat. 



Selain banyak sampah kondisi jalan masuk kedalam pasar saat ini sangat becek di karenakan jalan yang berlubang jadi tempat genangan air, sehingga masyarakat yang datang ke pasar merasa tidak nyaman.

Melihat kondisi pasar yang tidak sehat, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Kurangnya fasilitas dari pemerintah, itulah yang menyebabkan sampah berserakan dimana-mana yang membuat masyarakat bingung dimana sampah tersebut harus dibuang. Oleh karena itu, pemerintah memperhatikan kondisi pasar yang kian memburuk. Misal, memberikan fasilitas tempat pembuangan sampah di setiap sudut pasar.

Penulis: Juwita 


Post a Comment

Previous Post Next Post