Kebersihan lingkungan yaitu suatu kewajiban bagi setiap individu, selain itu kesehatan lingkungan kita harus tetap dijaga agar terhindar dari penyakit karena kesehatan itu sungguh sangat berharga sekali bagi kita semua. Kebersihan lingkungan ini merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau.

Bagi tubuh yang sehat bisa didapatkan dari berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, contohnya yaitu demam berdarah (DBD) karena dapat menyebabkan kematian.

Manfaat kebersihan bagi kehidupan sehari-hari yaitu sebagi berikut :

1. Tingkatkan Kesehatan Jasmani Dan Rohani

Kebersihan lingkungan dan manfaatnya yaitu untuk membantu meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Dan bisa juga dikatakan, kebersihan adalah modal utama kesehatan jasmani dan rohani.

Selain itu kebersihan yang paling sederhana yaitu berasal dari rumah pribadi. Rumah yang bersih akan mendatangkan ketenangan dan kekuatan serta kesehatan, baik itu secara jasmani maupun rohani.

2. Pelihara Kerukunan Antar Tetangga

Kebersihan lingkungan dan manfaatnya yaitu untuk meningkatkan dan memelihara kerukunan antara bertetangga dan memiliki lingkungan yang bersih.

Hal ini perlu kami tau apabila lingkungan sekitar kita bersih akan memberikan kenyamanan pada pikiran masyarakat yang tinggal di dalamnya. Sehingga tidak ada yang namanya terpancar dan tertular pada lawan bicara. Dengan itu kami menjalin hubungan sosial yang akrab dan berkualitas dengan para tetangga.

3. Menghindari Penyakit Menular

Kebersihan lingkungan dan manfaatnya yaitu untuk membantu semua orang terhindar dari penyakit menular. Penyakit menular ini akan  berbahaya akibat dari lingkungan sekitar yang tidak terawat adalah DBD, diare, hingga tipes. Penyakit-penyakit inilah yang dapat membawa dampak kematian jika tidak segera ditangani.

Sehingga banyak masyarakat yang takut terhadap kematian yang disebabkan dari penyakit akibat lingkungan yang kotor, Hal ini juga tidak semua masyarakat menganggap penting tentang kebersihan lingkungan.

4. Lingkungan Lebih Nyaman Untuk Ditinggali

Kebersihan lingkungan dan manfaatnya yaitu untuk membuat lingkungan menjadi lebih nyaman dan aman untuk ditinggali. Maka kami semua akan memperhatikan kawasan yang kumuh dan kotor, dan akan merasa kurang nyaman untuk berlama-lama di tempat yang kumuh dan kotor apalagi kami tinggal di situ.

Selain itu, tidak bagus dipandang dan baunya yang kurang bersahabat, lingkungan yang seperti ini merupakan ladang penyakit dan tidak bisa dipungkiri bahwa penilaian orang tersebut biasanya dimulai dari tampilan luar terlebih dahulu.

Jika tampilan luar tempat tinggal sudah kurang bagus dipandang, tentu juga akan membawa orang berpikiran buruk terhadap kondisi lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Jadi, kita harus membuat tempat tinggal menjadi lebih bersih dan layak ditempati, jika dilakukan secara bergotong-royong.

5. Menghindari Ancaman Banjir

Manfaat Kebersihan lingkungan yang pertama yaitu untuk membantu menghindari ancaman banjir. Banjir merupakan salah satu dampak buruk dan merugikan untuk kondisi lingkungan yang kotor dan tidak terawat.

Banjir disebabkan karena adanya pembuangan sampah bukan pada tempatnya, sehingga mengakibatkan sampah tersebar di mana-mana dan sampah yang berserakan ini menghalangi dan menyumbat saluran-saluran pembuangan, sehingga mengakibatkan banjir. 

Sumber : m.merdeka.com

Penulis : St. Rahmayanti. A

 

Post a Comment

Previous Post Next Post