usninfo - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangatlah berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat di era digital saat ini. Peran teknologi dalam kehidupan di masyarakat sangat amat penting di segala bidang. Pada ilmu komunikasi sendiri, telah banyak teknologi canggih yang di terapkan, Contohnya komputer, ponsel, televisi dan lain-lain, yang tentunya memiliki perannya masing-masing. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahastentang hubungan komputer dan masyarakat.

Di era sekarang ini, kita di tuntut untuk melakukan revolusi dalam penerapan hasil teknologi contohnya pada teknologi komputer. Dimana komputer saat ini sangat berpengaruh bagi kita, baik untuk diri sendiri maupaun dalam kehidupan bermasyarakat. Komputer sendiri merupakan sebuah alat eletronik yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari serta untuk mendapatkan sebuah informasi. dari sini kita dapat melihat bahwa hubungan komputer dan masyarakat merupakan hubungan yang digunakan untuk mencapai tujuan, dimana masyarakat sebagai pengguna, dan komputer sebagai alat yang digunakan.

Tanpa kita sadari komputer telah berperan banyak dalam kehidupan masyarakat kita. Salah satu contohnya yaitu dalam bidang pendidikan, komputer dapat di gunakan oleh pelajar untuk mengakses informasi penting terkait dengan ilmu pengetahuan yang di butuhkan. Dari penerapan komputer ini juga masyarakat mampu bekerja tanpa harus melakukan aktivitas di luar rumah, kita hanya perlu memanfaatkan akses pekerjaan yang telah di sediakan hanya dengan bermodalkan komputer. Tentunya itu semua merupakan sebagian kecil dari banyaknya dampak positif yang kita dapatkan melalui penerapan teknologi komputer.


Selain dampak positif yang di dapatkan dari penerapan komputer, banyak juga dampak negatif yang di timbulkan dari penerapan komputer yang sifatnya menyimpang yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Contoh penyimpangan dalam penerapan teknologi komputer adalah cyber crime, pornografi, banyaknya situs-situs ilegal dan lain-lain. Penyimpanan ini tentunya memberikan dampak yang buruk bagi masyarakat. Meskipun telah banyak hukum yang mengatur tentang tindakan penyimpangan tersebut, akan tetapi masih banyak pihak-pihak yang melakukan penyimpangan tersebut.

Oleh karena itu, kita selaku masyarakat dituntut untuk menerapkan teknologi komputer sebaik-baiknya sesuai dengan hukum yang berlaku dimasyarakat, dan mampu mengetahui dan menghindari segala penyimpangan di komputer dalam kehidupan bermasyarakat.


Penulis : Amar Muarif

Post a Comment

Previous Post Next Post